UNTUK INDONESIA
Jokowi Ingat Rohana Kudus, Bupati Agam Gembira
Rohana Kudus menjadi pahlawan nasional di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bupati Agam Indra Catri bahagia.
Rohana Kudus wartawati penerima pahlawan nasional. (foto: ist).

Jakarta - Rohana Kudus dianugerahi gelar pahlawan nasional. Penetapan itu tertuang dalam surat keputusan Kementerian Sosial RI nomor 555/3/PB/.05.01/11/2019 tertanggal 7 November 2019, atas dasar persetujuan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Kepahlawanan, ketokohan terutama di bidang jurnalistik.

Bupati Agam, Indra Catri hadir dalam pemberian gelar pahlawan yang diperoleh wartawati pertama di Indonesia, Rohana Kudus. Atas pencapaian prestisius perempuan yang tutup usia pada 17 Agustus 1972, memang sudah Indra nantikan sejak lama. 

"Kami gembira sekali, ini perjuangan panjang. Kami menunggu waktu, sudah menganggap dan idolakan beliau dari kecil, dari sekolah. Kepahlawanan, ketokohan terutama di bidang jurnalistik," kata Indra di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 8 November 2019.

Bupati Agam Indra CatriBupati Agam, Indra Catri saat penerimaan pahlawan nasional untuk Rohana Kudus di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 9 November 2019. (foto: Tagar/Popy Sofy).

Dia berujar, Rohana yang berhasil mengharumkan nama Sumatera Barat, dikenal pandai, layak dijadikan panutan dengan segudang prestasinya. 

Baginya, perempuan era RA Kartini itu pandai baca tulis kaligrafi dan latin. Pendidikan merupakan salah satu bidang yang sangat diperhatikan almarhumah Rohana.

"Banyak jejak langkah pendidikan konvensi tenun sulam, menembus zamannya saat itu banyak sekolah yang dibuat, lalu berinteraksi dengan banyak kalangan," ucap dia.

Pada tahun 1916, Rohana Kudus membuka sekolah "Roehana School" di Bukittinggi. Rohana menjadi wartawati Indonesia. Dia lahir di Kota Gadang, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, pada 20 Desember 1884. 

Dia hidup di zaman yang sama dengan RA Kartini ketika akses pendidikan yang layak sangat dibatasi. Rohana merupakan putri dari pasangan Mohamad Rasjad Maharadja Soetan dan ibunya bernama Kiam. 

Almarhumah Rohana Kudus merupakan kakak tiri dari Sutan Sjahrir, perdana menteri pertama Indonesia, sekaligus mak tuo (bibi) penyair besar Chairil Anwar. Ia juga sepupu dari Haji Agus Salim, mantan menteri dan pejuang kemerdekaan Indonesia. []

Berita terkait
Ruhana Kuddus Jadi Pahlawan Nasional
Ruhana Kuddus ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh Presiden Jokowi. Ruhana dikenal sebagai wartawati pertama di Indonesia.
Enam Tokoh Diberi Gelar Pahlawan oleh Jokowi
Presiden Joko Widodo memberikan gelar pahlawan nasional pada tokoh-tokoh yang dinilai berjasa bagi Indonesia di Istana Negara, Jakarta.
Sejarah Taman Makam Pahlawan Kalibata
Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata sebelumnya berlokasi di Ancol, Jakarta Utara.
0
Italia Nyaris Pecahkan Rekor Kemenangan Terbesar
Italia nyaris memecahkan rekor kemenangan terbesar saat membantai Armenia 9-1 di kualifikasi EURO 2020, Selasa 19 November 2019 dini hari WIB.