Indonesia
Jokowi dan Prabowo Masuk Daftar Orang Paling Dikagumi
Lembaga survei online asal Inggris, YouGov, baru-baru ini merilis daftar orang-orang yang paling dikagumi dari seluruh dunia.
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) saat tiba di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Kedua kontestan dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 ini bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus dan selanjutnya naik MRT dan diakhiri makan siang bersama-sama. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

Jakarta - Sebuah lembaga survei online asal Inggris, YouGov, baru-baru ini merilis daftar orang-orang yang paling dikagumi dari seluruh dunia. 

Survei ini melibatkan sebanyak 41 negara dengan lebih dari 42.000 orang diwawancarai untuk menyusun daftar nama tokoh dari berbagai belahan dunia sebagai nominasi.

Nominasi ini kemudian digunakan untuk menyusun daftar 20 pria dan 20 wanita yang menerima nominasi terbanyak dan dinominasikan setidaknya pada empat negara. 

Selain itu, sebanyak 10 tokoh lokal populer ditambahkan ke daftar untuk masing-masing negara. Survei ini dilakukan selama periode Maret hingga Juni 2019.

Hasil SurveiHasil survei yougov.co.uk sosok pria dan wanita dikagumi di Indonesia. (Foto: Tangkapan layar/Thio Pahlevi)

Survei di Indonesia sendiri terdapat sejumlah nama populer yang masuk dalam daftar tokoh paling dikagumi. Nama-nama tersebut, di antaranya Agnes Monica, Prabowo Subianto, hingga Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Dalam daftar lima nama teratas pria yang dikagumi di Indonesia secara berurutan dimulai dari BJ Habibie, Joko Widodo, Abdul Somad, Bill Gates, dan Cristiano Ronaldo. Sedangkan Ahok pada posisi ketujuh dan Prabowo Subianto tepat di bawahnya urutan kedelapan.

BJ Habibie mendapatkan skor kekaguman sebesar 15,19 persen, Joko Widodo 14,12 persen, dan Abdul Somad 8,06 persen. 

Dari daftar tokoh wanita yang dikagumi, Susi Pudjiastuti menempati posisi pertama dengan perolehan skor 16,41 persen, diikuti oleh Najwa Shihab sebesar 13,26 persen. Sri Mulyani mendapat 11,52 persen, Agnes Monica 8,24 persen, dan kelima ditempati oleh Oprah Winfrey 5,07 persen.Mantan presiden Indonesia ketiga ini mengalahkan nama-nama besar seperti Barack Obama, Vladimir Putin, dan Donald Trump yang ada pada posisi 21 dari 25 nama tokoh.

Hasil SurveiHasil survei yougov.co.uk sosok pria dan wanita dikagumi di dunia. (Foto: Tangkapan layar/Thio Pahlevi)

Dari daftar tokoh wanita yang dikagumi, Susi Pudjiastuti menempati posisi pertama dengan perolehan skor 16,41 persen, diikuti oleh Najwa Shihab sebesar 13,26 persen. Sri Mulyani mendapat 11,52 persen, Agnes Monica 8,24 persen, dan kelima ditempati oleh Oprah Winfrey 5,07 persen.

Menteri Kelautan dan Perikanan ini mampu mengalahkan tokoh wanita terkenal seperti Ratu Elizabeth II, Michelle Obama, dan Hilarry Clinton.

Tokoh wanita paling dikagumi di dunia tahun ini dimenangkan oleh Michelle Obama, posisi kedua adalah Oprah Winfrey, dan Angelina Jolie berada di peringkat ketiga.

Angelina Jolie harus merelakan posisi pertamanya tahun lalu kepada istri dari Barack Obama ini. Secara global, tokoh paling dikagumi di dunia di tempati oleh Bill Gates pada posisi pertama, diikuti oleh Barack Obama, dan posisi ketiga tokoh pria paling dikagumi adalah aktor laga, Jackie Chan.

Faktanya, lima pria teratas tetap tidak berubah sejak tahun lalu. Mantan presiden AS, Barack Obama berada di urutan kedua, dan tempat ketiga hingga kelima semuanya ditempati oleh tokoh-tokoh dari Tiongkok. Aktor Jackie Chan pada posisi ketiga, Presiden China Xi Jinping pada urutan keempat, dan pengusaha Jack Ma pada posisi kelima.

Baca juga:

Berita terkait
0
Dinpar Beri Bantuan Khusus Pariwisata di Sumbar
Dinas Pariwisata Sumatera Barat (Sumbar) memberikan 40 persen bantuan keuangan khusus Pariwisata Sumbar.