UNTUK INDONESIA
Jokowi Berbagi Tips Cegah Penularan Virus Corona
Kehadiran Covid-19 atau virus corona belakangan ini membuat risau masyarakat. Untuk itu Presiden Jokowi perlu membagikan tips cegah penularan.
Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerja di Aceh, Sabtu, 22 Februari 2020. (Foto: Biro Pers Setpres/Muchlis Jr)

Jakarta - Kehadiran Covid-19 atau virus corona belakangan ini membuat risau masyarakat. Salah satunya adalah perihal panic buying, dinilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat tidak perlu dilakukan.

Dia menegaskan, seluruh masyarakat Indonesia jangan terlalu takut secara berlebihan terhadap virus yang berasal dari Wuhan, China itu.

Baca juga: MUI Sebut Konsumsi Babi Sebab Masuknya Corona di DKI

Jokowi: Sebetulnya musuh terbesar kita saat ini adalah bukan virus itu sendiri, tapi rasa cemas, rasa panik, rasa ketakutan.

Untuk itu, Jokowi merasa perlu membagikan tips mencegah penyebaran virus corona melalui video yang diunggah melalui akun YouTube dan website resmi Sekretariat Presiden.

"Pertama, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun," ucap Jokowi dalam video tersebut yang dilihat Tagar, Kamis, 5 Maret 2020.

Kemudian, selain mencuci tangan dengan benar, hal lain yang harus dilakukan antara lain dengan menghindari menyentuh bagian mata, hidung, dan mulut. 

Baca juga: Jokowi Ancam Penimbun Masker Usai 2 WNI Kena Corona

Menurutnya, telapak tangan manusia sering menyentuh berbagai macam benda dan sangat rentan terkena virus.

Tak hanya itu, menurut Jokowi, masyarakat perlu menjaga jarak dengan siapapun yang batuk atau bersin, karena virus korona dapat menyebar melalui tetesan cairan yang keluar saat batuk ataupun bersin.

"Sebetulnya musuh terbesar kita saat ini adalah bukan virus corona itu sendiri, tapi rasa cemas, rasa panik, rasa ketakutan, dan berita-berita hoaks serta rumor. Kita sebenarnya harus yakin dengan fakta, informasi, solidaritas bersama, dan gotong royong," ujar Jokowi. []

Berita terkait
Muhyiddin Junaidi Sebut Virus Corona Teguran Allah
Wakil Ketua MUI Pusat, Muhyiddin Junaidi, jadi perbincangan karena sebut virus corona teguran dari Allah karena banyak yang makan daging babi
MUI Bela Ustaz Abdul Somad soal Corona Tentara Allah
Wakil Ketua MUI Muhyiddin Junaidi sepakat dengan pernyataan ustaz Abdul Somad yang menyebut virus corona merupakan bala tentara Allah.
PKS ke Jokowi Soal Corona: Peneliti Harvard Terbukti
Anggota Komisi IX DPR Kurniasih Mufidayati sentil Pemerintah Jokowi soal virus corona yang sempat disebutkan peneliti Harvard.
0
Wagub Sulsel Minta Pasien Corona Dirawat di Makassar
Wagub Sulsel meminta kepada seluruh kabupaten/kota yang memiliki ODP, PDP dan OTG serta pasien positif Covid-19 agar dirujuk ke Makassar.