Joe Biden Sebut Nama Tim Keamanan Nasional dan Diplomatik

Presiden terpilih AS, Joe Biden, akan perkenalkan orang-orang yang dinominasikan untuk jabatan-jabatan keamanan nasional dan diplomatik
Para pemegang jabatan tertinggi bidang keamanan nasional dan diplomatik yang dinominasikan oleh Joe Biden. (Foto: kombinasi/voaindonesia.com)

Jakarta – Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden, Selasa, 24 November 2020 waktu setempat, dijadwalkan mengadakan acara untuk memperkenalkan orang-orang yang rencananya ia nominasikan untuk jabatan-jabatan tertinggi bidang keamanan nasional dan diplomatik dalam pemerintahannya.

Mereka antara lain adalah Antony Blinken, salah seorang penasihat terdekat Biden dalam bidang hubungan internasional, yang dipilihnya sebagai menteri luar negeri.

mantan wamenluMantan Wakil Menlu AS, Antony Blinken (Foto: Dok/voaindonesia.com/Reuters).

“Kita harus bertindak cepat kalau ini berkenaan dengan kebijakan keamanan nasional dan luar negeri,” kata Biden dalam suatu pernyataan hari Senin, 23 November 2020, terkait rencana pengangkatan pejabatnya.

“Saya memerlukan tim yang siap pada Hari Pertama untuk membantu saya merebut kembali posisi Amerika sebagai pengambil keputusan, menata dunia untuk menghadapi tantangan-tantangan terbesar yang kita hadapi, serta memajukan keamanan, kemakmuran dan nilai-nilai kita.”

mantan menluMantan Menlu AS, John Kerry (Foto: Dok/voaindonesia.com/Reuters).

Biden mengatakan ia berniat menominasikan mantan Menteri Luar Negeri John Kerry ke posisi baru sebagai utusan khusus presiden untuk masalah iklim serta posisi lain dalam Dewan Keamanan Nasional. Ini mencerminkan komitmen presiden mendatang untuk menangani perubahan iklim semendesak masalah keamanan nasional, sebut tim transisi Biden.

Menurut berbagai laporan, Janet Yellen, mantan Gubernur Bank Sentral, akan dicalonkan sebagai menteri keuangan Biden. Seperti yang diberitakan pertama kali oleh The New York Times, Yellen yang berusia 74 tahun akan menjadi perempuan pertama yang memimpin Departemen Keuangan.

Biden, 78, siap menjadi presiden ke-46 AS sewaktu ia dilantik pada 20 Januari 2020, meskipun Presiden Donald Trump melanjutkan upaya hukumnya yang kemungkinan kecil berhasil untuk mengubah kemenangan kandidat partai Demokrat itu dalam pemilu 3 November 2020 (uh/ab)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Sinyal Kuat Joe Biden Akhiri Era America First Donald Trump
Presiden terpilih AS, Joe Biden, mulai menunjuk calon-calon anggota kabinet, yang menegaskan perubahan haluan kebijakan luar negeri AS
Donald Trump Menerima Transisi Kekuasaan ke Joe Biden
Presiden Trump menerima bahwa pemindahan kekuasaan ke pemerintahan Presiden terpilih AS, Joe Biden, bisa dimulai. Trump tetap tidak mengaku kalah
Joe Biden Akan Calonkan Perempuan Jadi Menteri Keuangan AS
Presiden terpilih AS, Joe Biden, tunjuk Janet Yellen sebagai menteri keuangan sehingga Yellen jadi menteri keuangan perempuan pertama di AS
0
Roy Suryo Diperiksa Usai Laporkan Lucky Alamsyah
Polda Metro Jaya akan melakukan pemeriksaan terhadap mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo terkait laporannya terhadap Lucky Alamsyah.