UNTUK INDONESIA
Joe Biden Presiden AS, Sektor Teknologi Indonesia Akan Booming
Terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat dinilai akan semakin membuat sektor teknologi informasi Indonesia akan semakin berkembang.
Bakal jadi Presiden AS ke-46 Joe Biden bersama anjing peliharaannya, Major. (Foto: Facebook/Delaware Humane Association)

Jakarta - Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira menanggapi kemenangan Joe Biden dari petahana Donald Trump pada  pemilihan presiden Amerika Serikat (AS). Ia menilai, sektor teknologi informasi di Tanah Air akan semakin melesat.

Kebijakan Biden ke Indonesia diproyeksi meningkatkan investasi ke sektor infrastruktur digital hingga pendanaan ke bisnis start up

"Untuk sektor jasa yang menarik adalah sektor teknologi informasi diperkirakan akan semakin booming di bawah administrasi Biden," kata Bhima saat dihubungi Tagar, Selasa, 10 November 2020.

Kebijakan Biden, kata Bhima, akan mengakomodir ekonomi digital sebagai bagian dari program sustainable economy. Ini menjadi kontradiksi dengan Trump yang lebih memprioritaskan sektor ekstraktif seperti migas dan pertambangan.

"Sementara Biden lebih ke ekonomi yang berbasis kreativitas, inovasi-sains, dan digital," ucapnya.

Imbasnya, kata Bhima, kebijakan Biden ke Indonesia diproyeksi meningkatkan investasi ke sektor infrastruktur digital hingga pendanaan ke bisnis start up. Menurutnya, investor AS pasti lebih confidence bahwa tensi perang dagang yang sebelumnya diarahkan Trump untuk memberi sanksi perusahaan teknologi China seperti Huawei akan berakhir.

"Era baru dimulai, apalagi melihat perkembangan e-commerce dan sektor digital lainnya di Indonesia pada saat pandemi cukup menggembirakan. Ada kenaikan yang luar biasa dengan based 171 juta pengguna internet aktif di Indonesia," ujar Bhima.

Selain itu, kata Bhima, dibawah Joe Biden, hubungan ekonomi Amerika Serikat  dan China tentu mampu membuat sektor teknologi di Indonesia semakin berkembang. "Hubungan ekonomi AS dan China yang lebih harmonis akan membuat usaha di sektor teknologi memiliki pilihan luas dan bebas dalam menggunakan teknologi baik dari AS maupun China tanpa terkena dampak hukum berupa sanksi misalnya dari salah satu pihak," tuturnya. []

Berita terkait
Ekonom INDEF Sebut Pengaruh Joe Biden bagi Ekonomi Indonesia
Seperti apa pengaruh Presiden terpilih Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Joe Biden terhadap ekonomi Indonesia?
Efek Negatif Bagi Ekonomi RI Jika Biden Jadi Presiden AS
Selain memberikan dampak positif, Joe Biden jika terpilih menjadi presiden AS juga memberikan dampak negatif bagi ekonomi Indonesia.
Trump dan Joe Biden Pamer Visi Ekonomi yang Bertolakbelakang
Petahana Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan calon dari Partai Demokrat, Joe Biden memamerkan visi perekonomian yang bertolakbelakang.
0
Joe Biden Presiden AS, Sektor Teknologi Indonesia Akan Booming
Terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat dinilai akan semakin membuat sektor teknologi informasi Indonesia akan semakin berkembang.