UNTUK INDONESIA
Jimmy Wales di Balik Nama Besar Wikipedia
Jimmy Wales adalah penggagas situs referensi raksasa di dunia internet, Wikipedia.
Pendiri Wikipedia Jimmy Wales. (Foto: Wikipedia)

Jakarta - Jimmy Wales adalah penggagas situs referensi raksasa di dunia internet, Wikipedia. Tak hanya sebagai pendiri, pemilik nama asli Jimmy Donal Wales ini juga pengelola organisasi nirlaba yang mengoperasikan proyek-proyek Wikipedia.

Wikipedia merupakan suatu ensiklopedia bebas yang bisa ditulis oleh setiap orang. Isi dari Wikipedia bisa bermacam-macam, mengenai banyak hal mulai dari biografi seorang tokoh hingga perjalanan suatu merek/brand.

Wales lahir di kota bernama Huntsville, Alabama, Amerika Serikat pada tanggal 7 Agustus 1966. Ia lahir dalam keluarga sederhana, tetapi sangat menghargai aspek pendidikan. Ayahnya bekerja sebagai pengelola toko kelontong. Sedangkan, ibunya menjadi tenaga pengajar bagi sekolah swasta.

Tidak ada yang istimewa saat Wales belia. Ia memulai sekolah dasar di sekolah yang dikelola oleh ibu dan neneknya sendiri. Dari sekolah inilah Wales mulai gemar mempelajari buku-buku ensiklopedia dunia.

Selanjutnya, ia melanjutkan studinya di sekolah menengah pertama bernama Randolph School. Di sekolah ini ia mulai bersentuhan dengan banyak aplikasi dan mulai mempelajari proses pembuatannya.

Demi mengejar cita-citanya, Wales mengenyam ilmu di jurusan pendidikan atau finansial di Universitas Auburn. Tak puas, ia melanjutkan mengambil gelar S2 di Universitas Alabama dengan konsentrasi pendidikan yang sama.

Ia kemudian menyelesaikan pendidikannya dengan gelar doktor di Universitas Indiana. Kesukaan Wales dengan dunia pendidikan sudah bisa ditebak, inilah juga yang mengantarnya untuk aktif mengajar sebagai dosen tamu dan juga pengajar lepas di berbagai macam institusi terkait.

Mendirikan Wikipedia

Sejak 1994 hingga 2000, Wales bekerja sebagai direktur riset di Chicago Options Associates, suatu perusahan pialang bursa berjangka dan option di Chicago. Pada 1996, ia mendirikan situs portal pencari yang bernama Bomis, yang juga menjual hal-hal yang bersifat erotis hingga pertengahan 2005.

Pada maret 2000, Ia mendirikan esiklopedia yang dapat disunting oleh khalayak ramai tapi di awasi oleh orang terkemuka di bidangnya masing-masing, eksiklopedisa tersebut bernama Nupedia.com dan ia mempekerjakan Larry Sanger sebagai editor in chief.

Pada 10 Januari 2001, Larry Sanger mengajukan proposal untuk membuat ensiklopedia menggunakan peranti lunak wiki dan pada 15 Januari 2001 Wales berusaha mewujudkannnya dan meluncurkannya. Saat itu, Wikipedia merupakan situs berbasis wiki sebagai fasilitas untuk membuat isi awal ensiklopedia yang dikerjakan oleh khalayak ramai untuk diperiksa oleh para ahli lalu dimasukkan ke Nupedia.

Namun perkembangan Wikipedia yang begitu cepat menjadikannya sebagai proyek yang lebih berkembang dan Nupedia menjadi terbengkalai. Kemudian pada 200 Sanger mengundurkan diri dari proyek tersebut.

Pada pertengahan 2003, Wales mendirikan Yayasan Wikimedia, perusahaan nirlaba yang berpusat di St. Petersburg, untuk mendukung Wikipedia dan proyek serupa lainnya. Ia menunjuk dirinya dan dua orang rekan bisnisnya yang bukan Wikipedian aktif menjadi anggota dewan direksi yang terdiri atas lima orang; dua orang anggota lainnya adalah wakil komunitas terpilih.

Menurut Daniel H. Pink dari majalah Wired, hingga 2004 Wales sudah memakan biaya lebih kurang 500 ribu dollar AS untuk mendirikan dan mengoperasikan proyek Wiki-nya, hampir semua biaya tersebut berasal dari kantungnya sendiri. Pada akhir pengumpulan dana yaitu Februari 2005, Yayasan Wikimedia telah didukung sepenuhnya oleh sumbangan dan hadiah.

Wales menjadi semakin terlibat dengan mempromosikan dan berbicara mengenai proyek Wikimedia, dan untuk melakukan hal tersebut, ia mengunjungi konferensi dan pertemuan seperti Wikimeets dan Wikimania.

Baca juga: 

Berita terkait
0
Mahfud MD Jadi Menko Polhukam, Meleset dari Survei
Mahfud MD menjadi Menko Polhukam di Kabinet Jokowi. Sebelumnya, survei menunjuk ia figur tepat menjadi jaksa agung.