Indonesia
Jelang Lebaran, Baju Gamis Incaran Wanita Aceh
Baju gamis dengan berbagai model menjadi incaran kaum hawa menjelang Idul Fitri 1440 H di pusat perbelanjaan.
Suasana Pasar Aceh, Banda Aceh mulai dipadati pengunjung untuk persiapan Lebaran, Sabtu 25 Mei 2019 malam. (Foto: Tagar/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh - Memakai baju baru sudah menjadi tradisi saat Lebaran. Di Indonesia, khususnya Aceh, tren pakaian tentu saja berbeda-beda dari tahun ke tahun, apalagi yang dikenakan wanita.

Di Banda Aceh, baju gamis dengan berbagai model menjadi incaran kaum hawa menjelang Idul Fitri 1440 H di pusat perbelanjaan.

Informasi dihimpun Tagar di Pasar Aceh, Sabtu 25 Mei 2019 malam, sejumlah pedagang mengaku permintaan baju muslimah terutama gamis mengalami peningkatan. Hal sama juga pada baju merek tunik.

Baca juga: Foto: Jelang Lebaran 2019 di Pusat Perbelanjaan Aceh

Di sisi lain, pada momen Ramadan dan jelang Lebaran ini, produk yang menjadi incaran adalah busana muslim seperti sarung, baju koko dan kerudung.

Fika, pedagang busana muslim di Pasar Aceh mengaku, pada awal Ramadan dagangannya sepi. Tetapi, dua pekan jelang Lebaran sudah ada pembeli.

"Gamis diminati oleh ibu-ibu, mereka lebih suka gamis syar'i," kata Fika.

Mahfud, pedagang lainnya, dalam sehari ia mengaku mampu menjual baju 20-30 potong. Baju yang ia jual merek tunik. Meski permintaan gamis meningkat, ia mengaku hanya fokus menjual tunik.

Baca juga: Momentum Tepat Belanja Baju Lebaran

"Tunik juga sangat diminati pelanggan, sehingga kami fokus menjual merek ini," sebut Mahfud.

Kata Mahfud, pada hari-hari biasa dagangannya hanya mampu terjual antara 5-10 potong. Tetapi, pada awal Ramadan, mulai terjadi peningkatan yaitu 10-20 potong per hari.

"Mulai minggu ini pembeli meningkat lagi, dagangan kami bisa laku 20-30 hari setiap hari," jelas Mahfud.[]

Berita terkait
0
Upacara Adat Bakar Batu, Solusi Untuk Damai di Papua
Penyanyi Edo Kondologit menyarankan kepada pemimpin daerah Papua Barat, Papua, dan Jawa Timur untuk menggelar pertemuan adat Bakar Batu.