UNTUK INDONESIA
Jaringan Bioskop Boikot Film dari Universal Pictures
Jaringan bioskop terkemuka Amerika Serikat, AMC, resmi memboikot film-film produksi Universal Pictures,
Film Trolls World Tour 2 akan tayang di bioskop Indonesia April 2020. (Foto: Universal Pictures)

Jakarta - Jaringan bioskop terkemuka Amerika Serikat, American Movie Cinema (AMC) pada Selasa, 28 April 2020 waktu setempat, mengatakan telah memboikot atau tidak bakal memutar film-film produksi Universal Pictures di bioskop mereka.

Keputusan tersebut menyusul pernyataan bos Universal Pictures yang dianggap menyinggung pihak AMC, saat merayakan kesuksesan film Trolls World Tour 2 memecahkan rekor saat dirilis secara daring di beberapa platform streaming.

Film Trolls World Tour 2 sendiri merupakan sekuel film anak-anak produksi Universal Pictures yang sebelumnya diagendakan untuk tayang di bioskop pada pada 17 April 2020 lalu. Namun, merebaknya pandemi virus corona di berbagai belahan dunia membuat film animasi itu dirilis secara daring pada sejumlah platform video on-demand.

Tidak disangka, film itu berhasil meraup keuntungan lebih dari US$ 95 juta dolar lewat penjualan melalui layanan streaming-nya. Angka itu bahkan disebut-sebut merupakan rekor baru sebagai pendapatan terbesar hingga saat ini.

Laman Deadline melaporkan, kesuksesan film tersebut membuat petinggi Universal Pictures, Jeff Shell, mengeluarkan peryataan yang membuat murka pihak AMC. "Setelah bioskop dibuka kembali, film-film produksi studio kita akan dirilis pada kedua format (untuk bioskop dan streaming)," kata dia, dilansit Wall Street Journal.

Jeff Shell menambahkan, hal itu melampaui harapan dan menunjukkan kalau industri streaming memang layak menjadi pertimbangan.

Pernyataan Shell tersebut kemudian dinilai menodai kesepakatan baku dalam industri film, di mana studio film harus menunggu selama 90 hari untuk merilis film secara digital setelah pertama kali tayang di bioskop.

Film Trolls World Tour 2Film Trolls World Tour 2 akan tayang di bioskop Indonesia April 2020. (Foto: Universal Pictures)

Sebagai jaringan bioskop terbesar dengan 8.000 layar di seluruh Amerika Utara, pihak AMC merespon pernyataan kontroversial Jeff Shell tersebut melalui sebuah keterangan tertulis yang ditujukan langsung kepada Universal Pictures.

"AMC tidak akan memutar lagi film-film Universal di bioskop jaringan mereka di Amerika Serikat, Eropa atau Timur Tengah," demikian bunyi keterangan tersebut.

"AMC meyakini bahwa dengan mengusulkan penayangan secara bersamaan via streaming dan bioskop, maka Universal telah melanggar model bisnis dan kesepakatan antara kedua pihak," tulis CEO AMC, Adam Aron.

Senada dengan AMC, Ketua Asosiasi Pemilik Bioskop Nasional John Fithian mengatakan bahwa para pemilik bioskop juga mengeluarkan pernyataan serupa.

Baca juga: Sinopsis Film Animasi Trolls World Tour 2

Menurutnya, pihak Universal dinilai telah menjadikan situasi buruk akibat pandemi Covid-19 sebagai batu loncatan untuk melanggar peraturan.

"Universal tidak punya alasan memanfaatkan situasi genting yang belum pernah terjadi sebagai batu loncatan untuk melewati film yang seharusnya rilis melalui bioskop," kata John Fithian. []

Berita terkait
Rekomendasi Film dan Serial Tayang Mei 2020
Berikut Tagar rangkumkan rekomendasi sajian serial dan film yang bisa disaksikan mulai Mei 2020 ini.
Bocoran Film Now You See Me 3
rumah produksi Lionsgate bocorkan pihaknya tengah menggarap film yang diberi judul Now You See Me 3.
Deretan Film Bertema Nabi Siap Temani Ramadan 2020
Film-film bertema nabi siap menemani kaum muslim menunggu berbuka puasa id bulan Ramadan.
0
Jaringan Bioskop Boikot Film dari Universal Pictures
Jaringan bioskop terkemuka Amerika Serikat, AMC, resmi memboikot film-film produksi Universal Pictures,