Jajanan Jadul yang Mengingatkan Masa Kecil

Bermodalkan dengan gerobak atau pikulan serta dengan harga yang murah dan tampilan yang mengiurkan menjadikan daya pikat bagi anak kecil.
Ilustrasi lidi-lidian. (Foto: Tagar/Shutterstock)

Jakarta - Mengingat masa kecil merupakan hal yang menyenangkan. Dengan segala aktivitas dan jajanan yang menemani. Cita rasa yang dimiliki jajanan semasa kecil dapat membuat kita bernostalgia kembali. 

Bermodalkan dengan gerobak atau pikulan serta dengan harga yang murah dan tampilan yang mengiurkan menjadikan daya pikat bagi anak kecil.

Ini dia beberapa jajanan jadul yang dapat mengingatkan dengan masa kecil.


1. Telur gulung

Rasanya belum puas apabila tidak memakan telur gulung. Meskipun hanya bermodalkan telor kocok yang digoreng di atas minyak banjir hingga berserabut lalu digulung dengan batang bambu. 

Dilengkapi dengan saus saat memakannya. Rasanya ada kenikmatan sendiri saat memakan telur gulung. Hingga akhirnya banyak variasi dari telur gulung itu sendiri. Mulai dari penambahan bihun, mie, hingga sosis. Tidak mengubah cita rasa malah semakin memperkaya rasa.


2. Rambut nenek

Makanan manis yang berbentuk seperti serabut, memiliki rasa manis dan dilengkapi dengan kerupuk atau biasanya diseput dengan sumping. Kerupuk tipis yang renyah cocok dimakan dengan rambut nenek. 

Rambut nenek bertekstur kasar yang dibaut dari adonan gula yang dicampur lagi dengan tepung lalu ditarik tarik hingga menghasilkan serabut.


3. Kue cubit dan kue laba-laba

Berbahan dasar tepung dan adonan yang mudah membuat kue cubit disukai oleh banyak anak kecil. Apabila dicetak menggunakan wadah cetak maka akan berbentuk mengikuti bentuk cetakan lalu untuk membaliknya perlu dicubit. Karena itulah namanya kue cubit. 

Sedangkan apabila adonan dimasukan kedalam botol yang dibolongi lalu dibaut bentuk abstrak hingga membentuk sarang laba-laba yang disebut dengan kue laba-laba. Biasanya adonan diberi warna agar lebih menarik untuk dilihat anak anak.


4. Lidi-lidian

Rasanya jajanan masa kecil belum lengkap jika tidak dilengkapi dengan kadar mecin yang tinggi. Biasanya lidi-lidian disajikan dengan berbagai aneka bumbu penyedap. Mulai dari asin, pedas , keju hingga balado. Saat memakan lidi juga kita harus berhati-hati karena tekturnya yang keras dapat menusuk gusi dan terselip disela gigi.


5. Es Goyang

Bernama es goyang Karena setalah dimasukan kedalam wada cetakan. Es akan digoyangkan. Biasanya dijual di gerobak di mana gerobak itu telah dicampur es dan garam lalu dimasukan wadah es yang telah disi bahan es. Cocok dimakan saat panas-panas dan sebelum di makan, es goyang akan dilumuri saus coklat yang akan mengeras pada lapisan luar es.[]

(Fiona Renatami)

Baca Juga:

Berita terkait
5 Aturan Diet Makanan Mentah dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Metode diet ini diklaim dapat memberikan Anda energi lebih banyak, memperbaiki penampilan dan kesehatan kulit.
Atasi Disfungsi Ereksi dengan 6 Makanan Ini
Perubahan gaya hidup dan pola makan juga dapat membantu atasi disfungsi ereksi.
8 Makanan yang dapat Membantu Menjaga Hormon
Memasukkan makanan penyeimbang hormon dalam program diet Anda dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.
0
Jajanan Jadul yang Mengingatkan Masa Kecil
Bermodalkan dengan gerobak atau pikulan serta dengan harga yang murah dan tampilan yang mengiurkan menjadikan daya pikat bagi anak kecil.