Jakarta - Juara bertahan Liga 1 Persija Jakarta gagal menjadi pembuka kompetisi 2019 karena secara bersamaan melakoni laga di Piala AFC. Laga pembuka Liga 1 pun mempertemukan juara Liga 2, PSS Sleman melawan pemenang Piala Presiden (Pilpres) 2019, Arema FC. 

PSS yang menyandang juara kasta kedua mendapat kehormatan menjadi tuan rumah di laga pembuka. Tim berjuluk Elang Jawa menjamu Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu 15 Mei 2019. Di hari yang sama, Persija menghadapi tamunya Shan United di laga pamungkas penyisihan Piala AFC di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta

PSM juga tak bisa menggelar laga pembuka liga karena baru menyelesaikan pertandingan terakhirnya di penyisihan grup Piala AFC. Mereka menaklukkan klub Laos Lao Toyota dengan skor 3-0, Selasa 14 Mei 2019. 

Laga PSS melawan Arema menjadi satu-satunya yang digelar pada hari Rabu ini. Sedangkan pekan pertama kompetisi dimulai pada Kamis 16 Mei 2019 sampai Senin 20 Mei 2019 yang dilakoni PSM dan Persija

PSS yang berstatus tim promosi memang kurang diunggulkan menghadapi Arema. Selain persiapan yang telat, PSS hanya bermodalkan pemain tua dan mereka yang sebelumnya bermain di Liga 2. Demikian pula pemain asing yang dimiliki hanya tiga orang dan semuanya belum pernah bermain di Indonesia sehingga belum terlihat kemampuan yang sesungguhnya.

Dengan problem yang berbeda, pelatih PSS Seto Nurdiantara ingin meniru sukses Liverpool dan Tottenham Hotspur di Liga Champions saat menghadapi Arema. Entah apa yang ingin ditiru, Seto mungkin ingin seperti dua klub itu yang membuat kejutan dengan membalikkan keadaan saat menghadapi Barcelona dan Ajax Amsterdam.

Musim ini, kompetisi Liga 1 digelar saat memasuki bulan Ramadan. Ini yang menjadikan pertandingan liga digelar di malam hari mulai pukul 20.30 WIB.  Termasuk semua pertandingan di pekan pertama dilaksanakan di jam yang sama atau setelah salat tarawih. 

Pekan pertama liga langsung menyajikan big match Persib Bandung melawan Persipura Jayapura. Persib bertindak sebagai tuan rumah di laga besar itu dengan menjamu rivalnya di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. Pertandingan itu sendiri disiarkan secara langsung oleh Indosiar

Berikut jadwal pekan pertama pertandingan Liga 1 2019

Rabu 15 Mei 2019

PSS Sleman vs Arema FC

Stadion Maguwoharjo, Sleman

20.30 WIB, Live Indosiar

Kamis 16 Mei 2019

PSIS Semarang vs Kalteng Putra

Stadion Moch. Soebroto, Magelang

20.30 WIB, Live O Channel

Bali United vs Persebaya Surabaya

Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali

20.30 WIB, Live Indosiar

Borneo FC vs Bhayangkara FC

Stadion Segiri, Samarinda

20.30 WIB, Live Streaming

Jumat 17 Mei 2019

Persela Lamongan vs Madura United

Stadion Surajaya, Lamongan

20.30 WIB, Live Indosiar

Sabtu 18 Mei 2019

Persib Bandung vs Persipura

Stadion Si Jalak Harupat, Bandung

20.30 WIB, Live Indosiar

Senin 20 Mei 2019

PSM Makassar Vs Semen Padang 

Stadion Andi Mattalatta, Makassar

20.30 WIB, Live O Channel

Barito Putera Vs Persija Jakarta

Stadion 17 Mei, Banjarmasin

20.30 WIB, Live Indosiar []

Baca juga: