Instruksi Kemenkes Soal Batas Tarif Tertinggi Tes PCR

Kementerian Kesehatan secara resmi telah menurunkan harga pemeriksaan RT PCR sebesar 45 persen.
Seorang staf melakukan tes sampel PCR di Rumah Sakit Pusat Pertamina di tengah pandemi Covid-19 di Jakarta, 16 Desember 2020. (Foto: voaindonesia.com -REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana)

Jakarta - Juru Bicara Pemerintah Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, perlu adanya pengawasan terhadap pelaksanaan batasan tarif tertinggi pemeriksaan RT-PCR di semua daerah.

Menurutnya, hal ini dalam rangka agar penerapan tarif tertinggi RT PCR sesuai dan seragam di lapangan.

"Kemenkes mengimbau Dinas Kesehatan provinsi dan kabupaten kota untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pemberlakuan pelaksanaan batasan tarif tertinggi untuk pemeriksaan PCR," kata Wiku Selasa, 17 Agustus 2021.

Wiku menegaskan, saat ini, Kementerian Kesehatan secara resmi telah menurunkan harga pemeriksaan RT PCR sebesar 45 persen, dengan tarif PCR tertinggi di Pulau Jawa Bali adalah Rp 495.000 dan di luar Jawa-Bali adalah Rp 525.000.


Kemenkes mengimbau Dinas Kesehatan provinsi dan kabupaten kota untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pemberlakuan pelaksanaan batasan tarif tertinggi untuk pemeriksaan PCR.


Berdasarkan Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan nomor HK.02.02/I/2845/2021 telah menetapkan aturan tarif tertinggi untuk pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR), di wilayah pulau Jawa dan Bali, begitu juga di luar pulau Jawa. []

Baca Juga: dr Tirta: Hebat Ya, India Bisa Murah PCR-nya

Berita terkait
PP GMKI Duga Ada Kongkalikong di Bisnis PCR
Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat GMKI, Jefri Gultom dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, 18 Agustus 2021.
Setelah Diminta Jokowi Biaya Tes PCR Covid-19 Diturunkan
Setelah diminta Presiden Jokowi, Kementerian Kesehatan akhirnya langsung melakukan evaluasi harga tes Covid-19 dengan PCR
Presiden Jokowi Minta Menkes Pangkas Harga Tes PCR
Jokowi minta Menkes turunkan harga tes PCR, dengan penurunan harga diharapkan jumlah orang yang dites bisa diperbanyak
0
Instruksi Kemenkes Soal Batas Tarif Tertinggi Tes PCR
Kementerian Kesehatan secara resmi telah menurunkan harga pemeriksaan RT PCR sebesar 45 persen.