UNTUK INDONESIA
Ini Penyebab Ajudan Wagubsu Kembali Positif Covid-19
Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara menyebut Ori bisa saja terjangkit virus corona dengan varian berbeda.
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Sumatera Utara, dr Whiko Irwan.(Foto: Tagar/Reza Pahlevi)

Medan - Ori Kurniawan, ajudan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan pengambilan sampel swab atau polymerase chain reaction (PCR).

Padahal, dia belum lama ini telah dinyatakan sembuh. Namun, di saat dia berada di kampung halamanannya, Provinsi Aceh, virus itu kembali masuk ke dalam tubuhnya. Sehingga dia harus dirawat di Rumah Sakit Martha Friska, Jalan Multatuli Medan.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara, dr Whiko Irwan menyebut Ori bisa saja terjangkit virus corona dengan varian berbeda.

"Sebelumnya Ori dinyatakan negatif, ternyata diswab ulang hasilnya positif, mungkin dengan virus corona yang berbeda," kata Whiko, Selasa, 5 Mei 2020.

Menurut dia, di Indonesia belum bisa dipastikan virus corona ada varian berbeda. Akan tetapi, di Amerika, dan China itu ada yang berbeda. Bahkan peneliti mengatakan ada tiga varian, jenis corona tapi mutasinya berbeda.

Awalnya dia tidak ada gejala namun ada keluhan, hasil swab dikeluarkan oleh Laboratorium RS USU

"Kenapa bisa terjadi lagi, kena virus lagi. Mungkin mutasi virus bisa berbeda. Misalnya kita kena virus influenza, kita bisa berulang kali kena Influenza. Namun kita kena dengan tipe yang berbeda. Kita terkena virus menciptakan antibodi, tapi begitu kena virus influenza yang lain, maka tubuh kita belum mengenali virus itu dan sakit lagi. Jadi menurut saya, bisa saja Ori seperti itu," ungkap Whiko.

Pengakuan Whiko, Ori diswab ulang karena ada keluhan. Dia diswab ulang dan dibawa ke Laboratorium Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara dan hasilnya positif.

"Memang pengambilan sampel dilakukan di Provinsi Aceh. Awalnya dia tidak ada gejala namun ada keluhan, hasil swab dikeluarkan oleh Laboratorium RS USU," tuturnya.

Menurut Whiko, selama ini Ori berada di kampung halaman di Provinsi Aceh, kemungkinan dia terpapar dari sana.

"Mungkin dari Aceh sana. Karena sejak dinyatakan sembuh dia tetap di sana. Untuk keluarga Ori atau orang yang kontak dekat dengannya akan ditangani oleh Dinas Kesehatan di Aceh," terang Whiko.

Ori dinyatakan sembuh dari Covid 19 usai dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan pada Senin, 6 April 2020. Setelah itu, dia menjalani isolasi mandiri di Provinsi Aceh. []

Berita terkait
Benarkah Ajudan Wagub Sumut Positif Corona di Aceh
Seorang warga Kabupaten Bireuen, Aceh berinisial O, 25 tahun dinyatakan kembali positif terkena virus corona atau Covid-19.
Sempat Sembuh, Ajudan Wagubsu Kembali Positif Corona
Ajudan Wakil Gubernur Sumatera Utara kembali dinyatakan positif Covid-19, meski sudah sempat dinyatakan sembuh di RSUP Haji Adam Malik Medan.
Ajudan Wakil Gubernur Sumut Positif Covid-19
Salah seorang ajudan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau Covid-19.
0
Ini Penyebab Ajudan Wagubsu Kembali Positif Covid-19
Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara menyebut Ori bisa saja terjangkit virus corona dengan varian berbeda.