Indonesia
Ini Link Pendaftaran P3K 2019, Awas Jangan Sampai Salah
link pendaftaran P3K 2019 atau PPPK 2019 berbeda dengan pendaftaran CPNS 2018.
Ilustrasi penerimaan CPNS. (Desain: Tagar/Gilang)

Jakarta, (Tagar 12/2/2019) - Sejak Jum'at (8/2) lalu mulai jam 16.00 WIB sudah mulai dibuka link pendaftaran P3K 2019 atau PPPK 2019 di sscasn.bkn.go.id. 

Ada yang berbeda, link pendaftaran P3K 2019 atau PPPK 2019 di sscasn.bkn.go.id. Bukan seperti pada Pendaftaran CPNS 2019 yang dilakukan di sscn.bkn.go.id.

"(Portal tersebut) dapat diakses secara serentak pada Jumat, 8 Febuari pukul 16.00 WIB," kata Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan, Kamis (7/2).

Nantinya pendaftaran PPPK 2019 atau P3K secara serentak itu akan dibuka hingga 23 Februari 2019.

Sayangnya, pelaksanaan CPNS 2019 hanya digelar di tiga provinsi. Satu daerah tersebut adalah Sulawesi Tengah yang proses seleksi CPNS 2018 tertunda lantaran adanya bencana alam. Kemudian Papua dan Papua Barat yang juga sempat tertunda.

"Mohon untuk dipahami, seleksi CPNS pada bulan maret 2019 hanya untuk daerah yang tahun lalu TERTUNDA penyelenggaraan nya yaaa," seperti cuitan akun @kemenpanrb.

Syarat, Formasi, Panduan PPPK atau P3K

Rekrutmen pegawai kontrak pemerintah tahap I akan dibuka, untuk formasi tenaga harian lepas/THL penyuluh, penyuluh pertanian, dosen perguruan tinggi negeri baru.

Selain itu, eks tenaga honorer kategori II untuk jabatan guru dan tenaga kesehatan yang ada dalam database BKN tahun 2013 dan dinyatakan memenuhi persyaratan peraturan perundang-undangan.

Ini dia beberapa syarat, formasi, dan panduan pada rekrutmen P3K tahap I:

  1. Jabatan guru di lingkungan pemerintah daerah mempunyai kualifikasi pendidikan minimal S-1 dan masih aktif mengajar sampai saat ini. Daftar dapat dicek pada laman info.gtk.kemdikbud.go.id.
  2. Tenaga kesehatan mempunyai kualifikasi pendidikan minimal D-III bidang kesehatan dan mempunyai STR atau Surat Tanda Registrasi yang masih berlaku (bukan STR internship), kecuali untuk Epidemiolog, Entomolog, Administrator Kesehatan, dan Pranata Laboratorium Kesehatan mempunyai kualifikasi pendidikan D-III/S-1 Kimia/Biologi.

Selain itu, ada syarat masa hubungan kerja P3K paling singkat selama satu tahun. Masa kerja tersebut dapat diperpanjang berdasarkan pencapaian kinerja dan kebutuhan instansi sesuai PP Nomor 49 Tahun 2018. []

Berita terkait
0
Kapolda: Investor Datang ke Toba, Masyarakat Untung
Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto memimpin tapak tilas kunjungan Presiden Jokowi di Kabupaten Samosir.