Pemerintah Kota Makassar
Untuk Indonesia

Ini Keuntungan Jika Kendaraan Kamu Punya Asuransi

Risiko terluka maupun kematian dapat dikurangi dengan cara meningkatkan keamanan, namun risiko kendaraan rusak sering kali tidak terhindarkan.
Asuransi mobil (Foto: Tagar/Pexels/Mikhail Nilov)

Jakarta -  Kendaraan pribadi mobil sudah menjadi pilihan bagi beberapa orang untuk beraktivitas sehari-hari. Kenyamanan saat berkendara membuat orang-orang cenderung lebih memilih mobil sebagai jenis kendaraan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Faktor kecelakaan dijalan umumnya disebabkan oleh kelalaian pengendara. Namun sekalipun seseorang telah berkendara dengan tertib, ia bisa saja menjadi korban karena pengendara ugal-ugalan. 

Risiko terluka maupun kematian dapat dikurangi dengan cara meningkatkan keamanan, namun risiko kendaraan rusak sering kali tidak terhindarkan.

Oleh karena itu sejak saat membeli mobil baru, pihak diler biasanya menawarkan asuransi perlindungan kendaraan. Asuransi mobil adalah kontrak yang disepakati oleh pemilik mobil dan perusahaan asuransi yang berkewajiban memberi perlindungan terhadap kerugian finansial jika terjadi pencurian atau kecelekaan. 

Walau demikian pemilik mobil tetap membayar sejumlah iuran sebagaimana yang telah disepakati.

Ada dua jenis asuransi kendaraan yaitu Total Lost Only (TLO) dam comprehensive yang dulu disebut all risk. TLO memberikan jaminan atas kehilangan atau kerusakan total kendaraan, sedangkan comprehensive menjamin perbaikan kerusakan sebagian atau seluruh kendaraan.

Untuk mendapat layanan asuransi, pemilik mobil wajib membayar premi yang berlaku untuk periode tertentu. Premi dihitung atas persentase rate dari perusahaan asuransi yang dikalikan harga kendaraan.

Setiap jenis asuransi mobil, tentu mempunyai kebijakan yang berbeda. Secara umum untuk menghitung asuransi mobil all risk (comprehensive) dan juga TLO tentu saja didasarkan dari rate asuransi kemudian dikalikan dengan harga mobil. Berikut dibawah ini akan kami sajikan contoh perhitungan asuransi mobil.

Misalnya Anda mengasuransikan mobil Anda dimana harga mobil barunya adalah Rp200.000.000. Nah kemudian biaya asuransi di kategori daerah Anda adalah 0,38 sampai 0,42%. Maka perhitungannya seperti ini: 0,38% x Rp200.000.000 = Rp760.000

Jadi total biaya asuransi mobil adalah Rp760.000 untuk jenis auransi TLO. Biaya diatas masih belum termasuk dengan biaya administrasi, materai, biaya polis dan biaya tambahan lainnya. Seperti yang sudah kami beritahu diatas jika biaya asuransi All Risk lebih mahal dibandingkan dengan biaya asuransi mobil TLO.


Keuntungan Memiliki Asuransi Mobil

Meringankan beban biaya perbaikan mobil, Memberi perlindungan terhadap penumpang, Perlindungan keuangan, Rasa aman saat berkendara, Jaminan ketika mobil dipinjam orang lain, dan Menjadi sarana investasi yang bagus.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Ini Yang Terjadi Jika Perusahaan Asuransi Bangkrut
Aetna Life diakuisisi ING Life dan diambil alih lagi oleh Manulife. PT Asuransi Jiwa Sewu New York Life berubah diakuisisi Sequish Life.[
Inilah 4 Cara Mudah Memilih Asuransi yang Tepat
Terkadang melihat harga asuransi dan ulasan-ulasan di online sudah cukup bagi sebagian orang.
5 Tips Memilih Asuransi Syariah Berkualitas
Berdasarkan asas yang dijalankan, asuransi syariah memiliki keuntungan sebagai salah satu jenis asuransi yang adil.
0
Ini Keuntungan Jika Kendaraan Kamu Punya Asuransi
Risiko terluka maupun kematian dapat dikurangi dengan cara meningkatkan keamanan, namun risiko kendaraan rusak sering kali tidak terhindarkan.