UNTUK INDONESIA
Ini Kata Kadis Pendidikan Bantaeng Soal UN Batal
Kadis Pendidikan Bantaeng mengatakan pembatalan Ujian Nasional (UN) adalah hal yang wajar karena pandemik virus corona saat ini.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bantaeng, Muhammad Haris. (Foto: Tagar/Fitriani Aulia Rizka)

Bantaeng - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bantaeng, Muhammad Haris menyampaikan bahwa ujian nasional dibatalkan. Hal tersebut berdasarkan surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang pelaksanaan kebijakan  pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus Corona. 

"Jika membaca surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 tahun 2020.  Maka ujian Nasional tahun 2020 dibatalkan sehingga keikutsertaan Ujian Nasional tidak menjadi syarat kelulusan," terang Muhammad Haris saat dihubungi Tagar melalui pesan WhatsApp, Kamis, 26 Maret 2020.

ya wajarlah kalau UN ditiadakan, kondisi kita sudah tertekan karena virus, kasihan anak-anak kalau tidak dibatalkan UN akan fatal nantinya.

Sebagaimana diketahui kondisi masa darurat saat ini begitu memprihatinkan, maka kesehatan warga sekolah menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan kebijakan pendidikan.

Terkait dengan penyetaraan paket A, paket B kata Haris, akan ditentukan kemudian. Sedangkan beberapa ketentuan untuk kelulusan ujian sekolah diantaranya ujian sekolah dapat dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor dan prestasi yg diperoleh sebelumnya.

"Perlu diperhatikan juga penugasan, tes daring, dan atau bentuk asesmen jarak jauh sebagai syarat kelulusan siswa," ujarnya

Di sisi lain, Rusli, selaku orang tua siswa mengaku kebijakan tersebut memang penting melihat bagaimana situasi dan kondisi saat ini yang begitu menekan.

"ya wajarlah kalau UN ditiadakan, kondisi kita sudah tertekan karena virus, kasihan anak-anak kalau tidak dibatalkan UN akan fatal nantinya," kata Rusli

Sebagai orang tua, saat ini ia memberi dukungan kepada anaknya dengan mengontrol pembelajaran dari rumah. Dan memperhatikan tugas-tugas yang diberikan secara daring dari pihak sekolah. []

Berita terkait
Ujian Nasional Dihapuskan, Ini Kata Disdik Padang
Dinas Pendidikan Kota Padang, Sumatera Barat, bakal segera menjalankan intruksi pemerintah pusat terkait peniadaan ujian nasional.
Istana Ungkap Motif Jokowi Hapus Ujian Nasional 2020
Juru Bicara Istana mengungkapkan motif Presiden Jokowi menghapus standar umum kelulusan siswa, Ujian Nasional (UN) 2020.
Alasan Pemerintah Jokowi Hapus Ujian Nasional 2020
Alasan Pemerintah Jokowi menghapus Ujian Nasional (UN) 2020 muncul ketika Mendikbud Nadiem Makarim rapat bersama kepala negara.
0
Ini Kata Kadis Pendidikan Bantaeng Soal UN Batal
Kadis Pendidikan Bantaeng mengatakan pembatalan Ujian Nasional (UN) adalah hal yang wajar karena pandemik virus corona saat ini.