Batang, (Tagar, 8/4 /2018) - Usai upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Batang ke-52, Bupati Batang Wihaji meluncurkan digital tranformasion Google station di Alun-alun Batang, Minggu (8/4).

Bupati Batang Wihaji mengungkapkan rasa terima kasih sebesar-besarnya pada Google Station akan WiFi gratis di Kabupaten Batang dan di Indonesia baru tiga yaitu Kota Bandung, Depok dan Batang di Jawa Tengah nomor satu.

“Kita melayani masyarakat dengan jaringat internet secara gratis yang kita pasang di Alun-alun Batang, Pasar, Rumah Sakit Daerah Kalisari Batang dan Hutan Kota Rajawali, Pemkab Batang. Ada lima yang kita pasang WiFi gratis agar masyarakat bisa menikmati jaringan internet bekerjasama google station fiberstar, bisa digunakan masyarakat untuk penjualan secara online, dan ini bagian dari layanan Pemkab kepada masyarakat,” kata Wihaji.

Ia juga menjelasakan WiFi gratis ini sangat mendukung program Bupati dan Wakil Bupati Batang periode 2017-2022 dalam mewujudkan Batang Smart City dan Smart Village. Dan ke depan semoga kerjasama ini dapat terus berlangsung dan Google Station dapat menambah spot WiFi gratisnya di Kabupaten Batang di obyek wisata di Kabupaten Batang.

Director PT Mega Akses Persada (FiberStar) Thomas Dragono mengungkapkan, “FiberStar terus mewujudkan komitmen dukungan dalam menyongsong era digitalisasi dan percepatan adopsi TIK bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Saat ini kami telah hadir di 80 kota di Indonesia, dan kami akan terus memperluas jaringan kami untuk menjangkau daerah-daerah lainnya di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Thomas Dragon juga berharap Google Station menjadi langkah awal dalam memperkenalkan dunia digital untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Batang. Karena tidak dapat dipungkiri, kebutuhan akan jaringan internet aman, cepat dan stabil menjadi hal penting bagi masyarakat.

“Dengan kehadiran jaringan internet, dapat memudahkan berbagai aspek kehidupan termasuk transformasi dalam pemerintahan. Demi mempercepat pemerataan koneksi fiber optik yang mumpuni di seluruh area di Indonesia, Google bersama FiberStar dan CBN bekerjasama untuk meluncurkan Google Station di Kabupaten Batang,” jelas Tomas Dragon.

Google Station yang secara resmi telah diluncurkan pada Agustus 2017 yang lalu, merupakan fasilitas WiFi Publik yang dapat dinikmati oleh masyarakat secara gratis. Fasilitas koneksi internet yang cepat, aman dan stabil ini dapat dijumpai di berbagai area umum. Google Station kali ini hadir di Kabupaten Batang dan diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Kabupaten Batang.

“Hotspot WiFi publik Google Station tersedia di area antara lain Alun-alun Kabupaten Batang, Pasar Batang, Hutan Kota Rajawali, RSUD Kota Batang, Jalan Veteran dan Pendopo Kabupaten Batang. Hal ini merupakan salah satu usaha kami dalam menjangkau masyarakat akan ketersediaan dan kegunaan internet di kota-kota tier 2 dan/atau kabupaten-kabupaten di Indonesia,” terang Thomas Dragon. (yon)