UNTUK INDONESIA

Huawei Lepas Bisnis Smartphone Honor Ditengah Sanksi AS

Raksasa teknologi China, Huawei Technologies memutuskan untuk melepas unit bisnis smartphone brand Huawei.
Raksasa teknologi China, Huawei Technologies memutuskan untuk melepas unit bisnis smartphone brand Honor dengan nilai ditaksir mencapai US$ 15 miliar. (Foto: Tagar|AP|Arab News|Smartphone Honor).

Jakarta - Raksasa teknologi China, Huawei Technologies memutuskan untuk melepas bisnis ponsel pintar (smartphone), Honor. Langkah tersebut sebagai upaya untuk menyelamatkan bisnis yang tengah berjuang menghadapi sanksi Amerika Serikat.

Langkah penjualan tersebut telah dilakukan untuk memastikan kelangsungan hidup Honor sendiri.

Rencana pelepasan bisnis smartphone Honor diumumkan hari ini, Selasa, 17 November 2020. Huawei tidak menyebutkan nilai dari penjualan tersebut.

Seperti diberitakan dari Arab News, Huawei menegaskan tidak ikut terlibat dalam kepemilikan saham pada perusahaan yang membeli unit bisnis smartphone Honor. Dengan kepemilikan yang baru ini, Honor akan memiliki lebih banyak ruang untuk mengembangkan produknya di masa mendatang. Huawei menegaskan bahwa perusahaan akan mempertahankan brand smartphone andalannya.

Dikabarkan, pembeli unit bisnis smartphone kelas menengah ini adalah konsorsium perusahaan milik negar di Shenzhen. Laporan berita sebelumnya tentang rumor kemungkinan Honor akan dihargai US$ 15 miliar.

"Langkah tersebut telah dilakukan untuk memastikan kelangsungan hidup Honor sendiri," kata pernyataan Huawei.

Sementara pihak pembeli mengatakan dalam pernyataan terpisah bahwa pelepasan unit bisnis Honor ini merupakan solusi terbaik untuk melindungi pelanggan dan karyawan, ditengah sanksi Amerika Serikat (AS) terhadap Huawei.

Huawei berada di tengah pusaran ketegangan antara China dengan AS-China yang bermula dari perang dagang kedua negara. Ketegangan menyeret aplikasi berbagi video populer milik China, TikTok dan layanan perpesanan, WeChat yang dilarang beroperasi di AS.

Sementara pengumuman yang dirilis Huawei tidak memberikan indikasi bagaimana Honor berencana untuk mendapatkan kembali akses ke chip AS dan teknologi lainnya termasuk musik populer Google, peta dan layanan lainnya. Merek smartphone Tiongkok lainnya seperti Xiaomi, Oppo dan Vivo beroperasi tanpa batasan tersebut. []

Berita terkait
HarmonyOS Milik Huawei Akan Rilis untuk Ponsel Desember 2020
HarmonyOS akan mulai tersedia di seluruh perangkat smartphone Huawei pada awal tahun 2021.
Bisnis Ponsel Anjlok, Huawei Siap Masuk Pasar Mobil Listrik
Kehadiran Huawei di pasar industri otomotif dunia ini diharapkan mampu bersaing dengan produsen mobil listrik lainya, salah satunya adalah Tesla.
Dilarang Amerika Serikat, Huawei Rombak Produk
Huawei harus memodifikasi ribuan papan elektronik, mengganti suku cadang, dan algoritme untuk mengatasi larangan dari pemerintah AS.
0
Huawei Lepas Bisnis Smartphone Honor Ditengah Sanksi AS
Raksasa teknologi China, Huawei Technologies memutuskan untuk melepas unit bisnis smartphone brand Huawei.