UNTUK INDONESIA
Hotel Karantina Corona Ambruk, 70 Orang Terperangkap
Bangunan Hotel Xinjia di Kota Quanzhou, Provinsi Fujian, China, yang mengkarantina 70 orang akibat wabah virus corona ambruk. 70 orang terperangkap
Tim SAR menyingkirkan puing-puing reruntuhan bangunan dan mengevakuasi penghuni yang dikarantina karena COVID-19 atau virus corona di Hotel Xinjia di Distrik Licheng, Kota Quanzhou, Provinsi Fujian, China, Minggu dini hari, 8 Maret 2020. Hotel lima lantai yang dibangun pada 2018 itu ambruk pada Sabtu malam, 7 Maret 2020 malam. (ANTARA/HO-Xinhua/mii).

Jakarta - Bangunan Hotel Xinjia di Kota Quanzhou, Provinsi Fujian, China, Sabtu, 7 Maret 2020 pukul 19.30 waktu setempat (18.30 WIB), ambruk hingga menyebabkan 70 orang yang dikarantina akibat wabah virus corona di hotel itu terperangkap. 

Hotel Xinjia yang berada di Distrik Licheng digunakan untuk menampung orang-orang yang memiliki riwayat kontak langsung dengan penderita COVID-19

Seorang saksi mata bermarga Wu yang tinggal tidak jauh dari lokasi tersebut mengaku mendengar dentuman keras saat makan malam yang dikiranya adalah suara ledakan. 

Baca juga: Anggota Parlemen Iran Meninggal Kena Virus Corona

Kemudian, dia berlari menuju balkon rumahnya dan melihat satu bangunan runtuh. Dalam kesaksiannya, beberapa orang berhasil diselamatkan dari reruntuhan bangunan, demikian keterangan Wu dikutip mnw.cn

Menurut dia, hotel yang dibangun di wilayah timur daratan China itu terdiri dari lima lantai dengan 80 kamar yang baru dibangun pada 2018.

Petugas SAR China hingga Minggu, 8 Maret 2020, pukul 08.20 waktu setempat (07.20 WIB) berhasil menyelamatkan sedikitnya 49 orang dari reruntuhan bangunan hotel tempat karantina terduga COVID-19 di Provinsi Fujian ini. 

Di antara korban terdapat seorang bayi laki-laki berusia dua tahun yang berhasil diangkat dari puing reruntuhan pada Minggu dini hari. Orang tua bocah itu juga telah dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. 

Pemerintah Kota Quanzhou telah mengirimkan 200 personel SAR, sedangkan Pemerintah Provinsi Fujian mengerahkan 11 tim SAR yang beranggotakan lebih dari 800 orang dan tujuh ekor anjing pelacak. 

Baca juga: Hotel untuk Karantina Virus Corona di China Runtuh

Mengutip pemberitaan Antara dari keterangan Komisi Kesehatan Nasional China menyebutkan bahwa di Provinsi Fujian terdapat 296 kasus positif COVID-19 dengan jumlah kematian hanya satu orang. 

Di Kota Quanzhou sendiri terdapat 20 kasus positif COVID-19 tanpa ada korban yang meninggal dunia. []

Berita terkait
Corona Bikin Kunjungan Turis Asing Borobudur Turun
Seberapa besar dampak virus corona pada kunjungan turis asing ke Borobudur?
Khawatir Corona, Arab Batasi Masuk Tiga Negara Ini
Arab Saudi untuk sementara membatasi masuk warga negara dari Uni Emirat Arab, Kuwait, dan Bahrain untuk mencegah penyebaran virus corona.
Muhammadiyah Siagakan 20 Rumah Sakit untuk Corona
Muhammadiyah menyiagakan 20 rumah sakit di Indonesia untuk menghadapi Corona. Muhammadiyah juga mendukung penundaan ibadah umrah ke Arab Saudi.
0
Positif Covid-19 di Yogyakarta Tambah 9 Orang
Update Senin, 1 Mei 2020 di Yogyakarta ada tambahan sembilan positif Covid-19, satu orang sembuh.