Granville Adams Meninggal Setelah Berjuang Melawan Kanker

Granville Adams sosok yang terkenal karena memerankan seorang narapidana Muslim di serial HBO meninggal dunia pada 10 Oktober 2021.
Granville Adams. (Foto: Tagar/News Innings)

Jakarta - Granville Adams sosok yang terkenal karena memerankan seorang narapidana Muslim di serial HBO yang mengisahkan kehidupan suram penjara berjudul ‘Oz’, telah meninggal pada 10 Oktober 2021 di usianya yang ke-58 tahun.

Aktor, yang juga memiliki peran berulang dalam serial terkenal Homicide: Life On The Streets ini, telah berjuang melawan kanker sebelum kematiannya. Berita itu pertama kali diumumkan oleh lawan main Adams di serial 'Oz’, Kirk Acevedo, di akun Twitter-nya.

'Saya kehilangan saudara saya hari ini, setelah pertempuran panjang dengan kanker,' kata Kirk dalam tweetnya.

Adams pertama kali muncul mengumumkan diagnosis kankernya pada Desember 2020, ketika dia memposting foto Instagram dirinya dengan wajah tertutup masker di ranjang rumah sakit, dengan menuliskan 'F*** CANCER!' pada caption foto tersebut.

Aktor tersebut membagikan portet selfie dirinya dalam beberapa bulan terakhir saat ia terus mendapatkan perawatan untuk kankernya. Ia nampak selalu optimis saat berjuang melawan penyakitnya. 

Selain berjuang melawan penyakitnya sendiri, Adams juga harus berjuang membayar tagihan medis karena tidak dapat bekerja selama pandemi.

Pada bulan Januari tahun 2021, lawan main Adams di serial ‘Oz’ Dean Winters, dan produser eksekutif, Tom Fontana, berkumpul untuk membuat GoFundMe untuk membantu menutupi tagihan rumah sakit Adams serta sewa dan kebutuhan lainnya. 

Tujuan awal galang dana ditetapkan pada angka $69.550, namun rupanya seluruh donatur yang terlibat berhasil mengumpulkan hampir $100.000 hingga hari kematian Adams.

‘Oz’ merupakan serial paling bertahan lama yang diperankan oleh Adams. Berjalan selama enam musim dengan total 56 episode, Adams muncul dalam 48 episode di antaranya. 

Serial bertemakan penjara yang suram itu mendapat pujian dari para kritikus. Meskipun terkadang menampilkan kekerasan ekstrem, namun tetap bisa menyita perhatian penonton.

Adams dikreditkan sebagai cameo untuk dua musim pertama serial ‘Oz’ yang dimulai pada tahun 1997, sebelum dipromosikan menjadi pemain pendukung hingga serial berakhir pada tahun 2003. Ia muncul sebagai Zahir Arif, orang kedua yang memimpin sekelompok Muslim di penjara setelah Kareem Saïd (Eamonn Walker).

Peran utama Adams lainnya adalah di drama polisi NBC Homicide: Life On The Streets, yang juga diproduksi oleh Fontana. Ia muncul di 11 episode dari tahun 1996-1999 sebagai Officer Jeff Westby, dan mengulang peran untuk Homicide: The Movie pada tahun 2000 setelah serial berakhir. Perannya yang lain adalah dalam film Empire 2002 dan Magic City Memoirs 2011.

(Risma Perdana Izzati)

Berita terkait
Bapak Bom Nuklir Pakistan Meninggal Karena Covid-19
Abdul Qadeer Khan, tokoh kontroversial yang dikenal sebagai “bapak bom nuklir” Pakistan tutup usia pada Minggu, 10 Oktober 2021
Seorang Wisatawan Meninggal Akibat Terbentur di Curug Cikaso
Dari informasi yang dihimpun, korban meninggal akibat nekat berenang di bibir air terjun.
Satu Keluarga Meninggal Akibat Banjir Bandang di Luwu
Proses evakuasi para korban mengalami kendala karena medan yang sulit dijangkau dan masih tertimbun material longsoran.
0
Granville Adams Meninggal Setelah Berjuang Melawan Kanker
Granville Adams sosok yang terkenal karena memerankan seorang narapidana Muslim di serial HBO meninggal dunia pada 10 Oktober 2021.