UNTUK INDONESIA
Gowes Humanity untuk Warga Tak Mampu di Yogyakarta
Puluhan komunitas goweser di Yogyakarta berbagi kepedulian kepada warga warga tak mampu di Yogyakarta di tengah pagebluk.
Puluhan komunitas goweser di Yogyakarta berbagi kepedulian kepada warga warga tak mampu di Yogyakarta di tengah pagebluk. (Foto: Istimewa)

Yogyakarta – Peduli terhadap kondisi masyarakat Yogyakarta yang secara ekonomi terdampak Covid-19. Puluhan komunitas goweser se-Yogyakarta menggelar kegiatan Goweser Humanity Bike pada Minggu, 4 Oktober 2020.

Di ikuti sekitar 40-an komunitas Gowes, kegiatan berupa Gowes Berbagi ribuan paket sembako ini digelar di seluruh kabupaten dan kota di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Mbah Kung, seorang Goweser mengaku turut prihatin, masih banyak di sekitar yang hidupnya perlu dibantu. Penyebanya ada yang kurang mampu, lansia atau pun anak yatim. "Melalui kegiatan gowes berbagi ini kita berharap dapat membantu masyarakat dengan bantuan pangan atau sembako," katanya.

Jadi kegiatan Goweser Humanity Bike ini bukan berupa kegiatan konvoi maupun pengumpulan masa, guna untuk mencegah penularan Covid-19.

Di Kabupaten Sleman titik drop zone dibuka di Lapangan Denggung dan Stadion Maguwoharjo. Di Kota Yogyajarta dibuka di Stadion Mandala Krida, di Bantul dibuka di Pasar Gabusan dan rest area Piyungan, untuk Kulon Progo dibuka di Masjid Agung Wates, serta di Gunungkidul dipusatkan di Alun-Alun Wonosari.

Baca Juga:

Pada pelaksanannya gowes humanity ini menggunakan skema drop zone pangan atau seperti drive thru. Para goweser berangkat dari rumah dengan membawa bantuan pangan atau donasi yang kemudian menuju lokasi drop zone terdekat secara bergantian untuk memberikan bantuannya.

“Jadi kegiatan Goweser Humanity Bike ini bukan berupa kegiatan konvoi maupun pengumpulan masa, guna untuk mencegah penularan Covid-19,” ujar Haidar selaku koordinator lapangan Gowes Humanity.

Baca Juga:

Dari hasil event gowes ini terkumpul donasi sebesar Rp 26.372.000. Selain itu juga terkumpul bantuan lain seperti beras 1.436,6 kilogram (Kg), paket sembako 50 pack, minyak 185,9 liter, gula 72 Kg, tepung terigu 7 Kg, telur ayam 2 krat, teh 11 kotak, mie 42 bungkus.

Hasil dari kegiatan berbagi pangan ini selanjutkan akan didistribusikan oleh ACT DIY bersama goweser kepada masyarakat prasejahtera di DIY. Bantuan akan diberikan kepada yang menbutuhkan seperti lansia, tukang becak, buruh gendong, anak yatim, serta masyarakat kurang mampu yang sedang butuh bantuan,” ungkap Haidar. []

Berita terkait
Lima Rute Sepeda dan Cara Memanjakan Goweser di Yogyakarta
Bagi goweser dimanjakan rute bersepeda di tengah Kota Yogyakata. Olahraga sambil berwisata. Berikut lima rute sepeda tersebut.
Janji Bobby Nasution Fasilitasi Goweser Medan
Bakal calon Wali Kota Medan, Bobby Nasution berjanji akan menambah ruang terbuka hijau hingga 30 persen bagi goweser.
3 Artis Doyan Gowes Sepeda saat Pandemi Covid-19
Artis-artis ini gowes bareng rombongan penikmat sepeda lain, tak jarang juga sendirian menembus jalan saat pandemi Covid-19.
0
Sinopsis Film The Eddy, Pertempuran Hati Pemilik Cafe Jazz
Drama musikal The Eddy tayang di Netflix merupakan proyek terbaru dari pengarah film Whiplash dan La La Land, Damien Chazelle.