UNTUK INDONESIA
Google dan Apple Tindak Aplikasi Disinformasi Corona
Google dan Apple mulai menindak aplikasi terkait virus corona guna memerangi disinformasi.
Ilustrasi - logo Google. (Foto: Antara/REUTERS)

Jakarta - Google dan Apple mulai menindak aplikasi terkait virus corona guna memerangi disinformasi. Dikutip dari The Verge, Jumat, 6 Maret 2020, pengembang aplikasi mengatakan Apple menolak apa pun dan seluruh perangkat lunak mobile yang berkaitan dengan virus corona yang bukan berasal dari organisasi kesehatan resmi yang diakui pemerintah.

Google juga dilaporkan tidak memunculkan hasil apa pun untuk pencarian tentang virus corona di Play Store, meskipun saat ini tidak jelas apakah Google juga membatasi persetujuan aplikasi baru.

Apple tampaknya mendapati aplikasi terkait virus corona dalam proses tinjauan manualnya, dan pengembang mengatakan mereka menerima pesan dari Apple yang berbunyi “Aplikasi dengan informasi tentang medis saat ini perlu diserahkan ke lembaga yang diakui.”

Beberapa aplikasi seluler dari pengembang independen yang memberikan informasi dengan bersumber data dan informasi dari Organisasi Kesehatan Dunia, terjebak dalam larangan tersebut.

Apple tampaknya mengevaluasi apakah aplikasi yang menyediakan informasi terkait dengan virus corona dapat menjadi sumber informasi terpercaya bagi publik.

Dalam hal ini, tampaknya Apple membatasi sumber-sumber terpercaya itu hanya untuk organisasi kesehatan resmi dan pemerintah.

Dikutip dari Antara, Jumat, 6 Maret 2020, beberapa aplikasi iOS yang terkait virus corona masih muncul di hasil pencarian. Sementara untuk Android, Google tampaknya sengaja memblokir hasil pencarian untuk virus corona, coronavirus dan COVID-19. []

Berita terkait
Penyebar Hoaks Virus Corona Dipidana
Pemerintah akan menindak secara tegas bagi siapa pun yang menyebar hoaks virus corona. Sanksi bagi pelakunya adalah hukum pidana.
Waspadai Hoaks Virus Corona Makin Berseliweran
Pengamat Intelijen Stanislaus Riyanta menilai hoaks soal virus corona lebih membahayakan ketimbang virus asal Wuhan, China itu.
Polri Patroli, Siap Ganjar Penyebar Hoaks Corona
Polri siap mengganjar penyebar hoaks terkait corona menyusul dua warga Depok terinfeksi virus dari China itu di Jakarta.
0
Penyebab Kematian Anak Gajah Sumatera di Aceh
Kematian seekor anak gajah Sumatera di Desa Kampung Baroh Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya diduga karena keracunan.