UNTUK INDONESIA
Gojek Resmi Beli Saham Taksi Blue Bird
Gojek melalui PT Aplikasi Karya Anak Bangsa resmi membeli saham PT Blue Bird Tbk senilai Rp 411 miliar, pada Kamis, 13 Februari 2020.
Gojek resmi beli saham Blue Bird. (Foto: Gojek.com)

Jakarta - Gojek melalui PT Aplikasi Karya Anak Bangsa resmi membeli saham PT Blue Bird Tbk senilai Rp 411 miliar, pada Kamis, 13 Februari 2020. Pembelian dilakukan sebanyak 108,21 juta saham dengan harga penjualan senilai Rp 3,800 per saham.

Gojek dikatakan membeli sekitar 4,39 persen saham perusahaan induk Blue Bird yakni PT Pusaka Citra Djokosoetono. Pembelian ini menjadikan Gojek sebagai salah satu pemegang saham minoritas. PT Pusaka Citra Djokosoetono tercatat sebagai pemegang saham pengendali Blue Bird dengan kepemilikan sebesar 21,51 persen.

Gojek akan mulai mengimplementasikan GoPay sebagai salah satu metode pembayaran taksi Blue Bird. Kemudian GoPay ini juga akan terintegrasi langsung ke dalam aplikasi MyBlueBird.

Direktur Utama Blue Bird Noni Purnomo, dalam keterangan resminya, Jumat, 21 Februari 2020, mengatakan bahwa dengan bergabungnya PT Aplikasi Karya Anak Bangsa sebagai salah satu pemegang saham, menunjukkan bahwa Blue Bird merupakan partner yang strategis untuk mengembangkan layanan penyedia transportasi.

"Kami juga yakin langkah ini akan memperkuat kolaborasi antara kedua belah perusahaan, sekaligus mendukung usaha untuk konsisten meningkatkan layanan Blue Bird terhadap konsumen," kata Noni.

Blue BirdIlustrasi armada taksi Blue Bird. (Foto: Instagram/bluebirdgroup/tagged)

Direktur Utama Blue Bird Group Holding Kresna Djokosoetono, mengatakan bahwa pembelian saham ini bisa terwujud karena pihaknya sudah menaruh kepercayaan terhadap PT Aplikasi Karya Anak Bangsa.

Saat ini Gojek hadir sebagai platform terbesar untuk konsumen di Asia Tenggara. Pencapaian tersebut, menurut Co-CEO Gojek Andre Soelistyo, tidak akan tercapai jika tidak didukung oleh partner yang kuat.

"Kerjasama dengan Blue Bird merupakan bukti nyata untuk hal ini, serta memungkinkan kami untuk meningkatkan dua layanan utama kami di Indonesia, yakni transportasi dan pembayaran," ujar Andre.

Pada Desember 2019, Gojek juga sempat dikabarkan mengakuisisi saham PT Blue Bird Tbk sebesar 5 persen. Angka transaksi tersebut mencapai Rp 420 miliar dengan harga saham Blue Bird yang berada di level Rp 2.750 per lot.

Baca juga: Gojek Siap Akuisisi 5 Persen Saham Blue Bird 

Pembelian saham Blue Bird ini akan memperkokoh posisi Gojek sebagai perusahan rintisan atau start up dengan valuasi diatas 10 miliar dolar AS, yang sekaligus membuatnya menyandang status decacorn. []

Berita terkait
1.500 Taksi Blue Bird Rusak Berat Terendam Banjir
Sebanyak 1.500 unit armada taksi Blue Bird yang terendam banjir mengalami rusak berat.
Strategi PT Gojek Menyejahterakan Keluarga Mitra
PT Gojek memberikan pelatihan memasak dan wirausaha kepada para istri mitra driver. Harapannya bisa ikut menyejahterakan keluarga mitra.
Nadiem Mau Bikin Aplikasi Dana BOS Mirip Gojek
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim tengah menggodok sebuah sistem penggunaan teknologi untuk optimalisasi penggunaan dana BOS.
0
Ricuh Eksekusi Lahan di Maluku Tengah
Eksekusi lahan di Desa Waai, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis 5 Maret 2020, berakhir ricuh. Dua polisi luka terkena lemparan batu