Gempa Berkekuatan 6 SR Mengguncang Melbourne

Beberapa bangunan mengalami kerusakan, tetapi tidak ada korban luka dilaporkan.
Gempa bumi berkekuatan 6,0 SR mengguncang Melbourne, Australia. (Foto: Tagar/AFP)

Jakarta - Gempa berkekuatan 6,0 skala richter telah mengguncang tenggara Australia, termasuk kota Melbourne, sekitar pukul 09.15 waktu setempat pada Rabu, 22 September 2021 di Mansfield, tidak jauh dari ibu kota negara bagian Victoria tersebut. empa juga terasa di negara tetangga Australia Selatan dan New South Wales (NSW).

Akibanya, beberapa bangunan mengalami kerusakan, tetapi tidak ada korban luka dilaporkan. Meskipun demikian, layanan Darurat Negara Bagian Victornia memperingatkan warga untuk waspada terhadap kemungkinan gempa susulan. 

"Jika Anda berada di Victoria, Anda dalam bahaya. Harapkan gempa susulan, jauhi bangunan yang rusak dan bahaya lainnya. Hindari mengemudi, kecuali untuk keadaan darurat," kata pihak berwenang, dilansir di BBC, Rabu 22 September 2021.

Peristiwa ini diabadikan oleh warga, di akun media sosial, orang-orang mengunggah gambar bangunan yang rusak dan puing-puing gempa di Melbourne. Media setempat juga melaporkan beberapa jalur trem kota telah dihentikan karena kerusakan.

Perdana Menteri Australia Selatan Stephen Marshall mengatakan, NSW telah merasakan gempa susulan. Seorang anggota parlemen federal, Michael McCormack, mengatakan bahwa tanah bergetar hebat di Wagga Wagga, NSW.

Baca JugaGempa bumi besar dianggap jarang terjadi di Australia, karena benua ini terletak di tengah lempeng tektonik. Menurut pelacak pemerintah Geosciences Australia, gempa ini, salah satu yang terbesar di Australia dalam beberapa tahun terakhir, terjadi pada kedalaman 10 km (6 mil). []

Berita terkait
Gempa Bumi Paling Langka Dalam Sejarah Dunia
Gempa bumi supershear yang bergerak dengan kecepatan di atas 11.000 km/jam tergolong peristiwa langka
Lepas Pantai Tenggara Filipina Diguncang Gempa Bumi
Penyiar CNN melaporkan Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) awalnya memperkirakan bakal terjadi kerusakan dan gempa susulan.
Gempa Bumi di Sumut, BMKG: Waspada Susulan
BMKG pun mengimbau warga untuk waspada terhadap kemungkinan terjadinya gempa bumi susulan.
0
Gempa Berkekuatan 6 SR Mengguncang Melbourne
Beberapa bangunan mengalami kerusakan, tetapi tidak ada korban luka dilaporkan.