UNTUK INDONESIA
Gempa 5,6 SR Guncang Tapanuli Bagian Selatan Sumut
Gempa dengan kekuatan 5,6 Skala Richter mengguncang wilayah Tapanuli Bagian Selatan, Sumatera Utara.
Gempa dengan kekuatan 5,6 Skala Richter mengguncang wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), Sumatera Utara, Kamis, 30 April 2020 sekitar pukul 15.20 WiIB. (Foto: Tagar/BMKG)

Padangsidempuan - Gempa dengan kekuatan 5,6 Skala Richter mengguncang wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), Sumatera Utara pada Kamis, 30 April 2020 sekitar pukul 15.20 WIB.

Gempa tidak menimbulkan korban jiwa atau kerusakan bangunan. Namun, mengejutkan sebagian warga di wilayah Tabagsel yang terdiri dari Kota Padangsidempuan, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Padang Lawas Utara, Kabupaten Padang Lawas, dan Kabupaten Mandailing Natal.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pukul 15.20 WIB, dengan kekuatan 5,6 SR. Pusat gempa berada di darat pada kedalaman 10 kilometer di wilayah Kabupaten Padang Lawas, dan tidak berpotensi tsunami.

Pusat gempa berada di koordinat 1.17 Lintang Utara - 99.53 Bujur Timur atau sekitar 24 kilometer Barat Laut Padang Lawas, dan berbatasan dengan dengan Mandailing Natal, Padang Lawas Utara, dan Tapanuli Selatan.

Dari hasil pantauan kita di beberapa titik, tidak ada ditemukan kerusakan bangunan

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Padangsidempuan, Ali Ibrahim Dalimunthe, menyebutkan sampai saat ini belum ada laporan kerusakan di wilayahnya.

"Belum ada kita terima laporan kerusakan bangunan atau korban jiwa yang diakibatkan guncangan gempa tadi," tuturnya.

Begitu juga di Kabupaten Padang Lawas Utara, menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Lairar Rusdi Nasution, pihaknya belum ada menerima laporan dampak dari guncangan gempa.

"Dari hasil pantauan kita di beberapa titik, tidak ada ditemukan kerusakan bangunan. Akan tetapi guncangan gempa itu cukup mengejutkan warga sehingga berhamburan ke luar rumah atau bangunan. Sampai saat ini kita belum ada menerima laporan kerusakan atau korban yang ditimbulkan dari gempa," ucapnya. []

Berita terkait
176 Gempa di Masa Siaga Darurat Corona NTB
Sebanyak 176 kejadian gempa bumi terjadi di NTB selama pandemik virus corona melanda.
Wajo Sulsel Diguncang Gempa Magnitudo 4,9
Gempa bumi tektonik magnitudo 4,9 mengguncang wilayah Kabupaten Wajo, Sulsel, Jumat, 27 Maret 2020. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami
Gempa 6,6 Skala Richter di Bali Tidak Berpotensi Tsunami
Gempa bumi dengan kekuatan 6,6 skala Richter (SR) mengguncang Kuta Selatan, Bali, pada Kamis dini hari, 19 Maret 2020 pukul 00.45 WIB.
0
Gempa 5,6 SR Guncang Tapanuli Bagian Selatan Sumut
Gempa dengan kekuatan 5,6 Skala Richter mengguncang wilayah Tapanuli Bagian Selatan, Sumatera Utara.