Gara-gara Ulah Istri Dubes Belgia di Korsel Ditarik Pulang

Belgia akan menarik pulang duta besarnya untuk Korsel di tengah kemarahan publik atas tuduhan serangan istrinya terhadap dua karyawan toko di Seoul
Bendera Belgia terlihat di luar Istana Kerajaan Brussel di Brussel, Belgia, 21 September 2020 (Foto: voaindonesia.com - REUTERS/Francois Lenoir)

Jakarta – Belgia akan menarik pulang duta besarnya untuk Korea Selatan (Korsel) di tengah kemarahan publik atas tuduhan serangan istrinya terhadap dua karyawan di sebuah toko di Seoul.

Kedutaan Besar Belgia, 31 Mei 2021, mengatakan Menteri Luar Negeri Belgia, Sophie Wilmes, memutuskan untuk mengakhiri masa jabatan Duta Besar Beliga untuk Korsel, Peter Lescouhier, musim panas ini demi kepentingan terbaik hubungan kedua negara.

Lescouhier telah menjadi utusan di Seoul selama tiga tahun. Kedutaan tidak memberikan tanggal spesifik kapan masa jabatan Lescouhier akan berakhir atau menyebut nama penggantinya.

Sementara Lescouhier mengabdi kepada negaranya dengan penuh dedikasi, “situasi saat ini tidak memungkinkannya untuk menjalankan perannya lebih jauh dengan cara yang tenang,'' kata staf kedutaan itu.

istri Dubes Belgia di KorselXiang Xueqiu, istri Dubes Belgia untuk Korsel, tampak mendorong dan menampar pekerja toko (Foto: bbc.com)

Pemerintah Belgia juga mencabut kekebalan diplomatik istri Lescouhier, Xiang Xueqiu, sehingga ia dapat diselidiki oleh polisi Korea Selatan, seperti disebutkan staf kedutaan Belgia dalam sebuah pernyataan di laman Facebook.

Namun, Kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengatakan kekebalan Xiang hanya sebagian dicabut dan ia masih mendapat perlindungan dari pengadilan pidana atau hukuman.

Lescouhier awal bulan ini mengeluarkan permintaan maaf atas nama istrinya. Ia mengatakan dalam sebuah video Instagram bahwa istrinya “mungkin punya alasan untuk marah atas cara ia diperlakukan di toko itu tetapi melakukan kekerasan fisik sama sekali tidak dapat dibenarkan.”

Kedutaan mengatakan Xiang telah bertemu secara pribadi dengan dua karyawan toko itu dan meminta maaf.

kedubes belgia di seoulKedutaan Besar Belgia di Seoul (Foto: en.wikipedia.org)

Menurut media Korea Selatan, Xiang marah ketika seorang pegawai toko bertanya tentang jaket yang dikenakannya, dan menduga Xiang mencuri jaket itu. Video kamera keamanan menunjukkan ia mendorong dan menampar wajah seorang karyawan dan memukul kepala seorang karyawan lainnya.

Insiden tersebut memicu kemarahan meluas, dan mendorong ribuan orang menandatangani petisi di situs web kepresidenan Korea Selatan yang menyerukan agar istrinya dikeluarkan dari negara tersebut.

Korea Selatan adalah penandatangan Konvensi Wina, yang memberikan perlindungan kepada diplomat dan keluarganya dari tuntutan pidana, meskipun kekebalan itu dapat dicabut secara sukarela (ab/uh)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Istri Dubes Belgia di Korsel Minta Kekebalan Diplomatik
Dubes Belgia di Korsel minta maaf usai istrinya tampar pegawai toko, kini sang istri minta kekebalan diplomatik agar terhindar dari jeratan hukum
0
Gara-gara Ulah Istri Dubes Belgia di Korsel Ditarik Pulang
Belgia akan menarik pulang duta besarnya untuk Korsel di tengah kemarahan publik atas tuduhan serangan istrinya terhadap dua karyawan toko di Seoul