UNTUK INDONESIA
Ganjar Pranowo, Gubernur Paling Sigap Atasi Covid-19
Ganjar Pranowo dinobatkan sebagai gubernur paling sigap dalam mengatasi pandemi Covid-19. Ini profil Gubernur Jawa Tengah tersebut.
Ganjar Pranowo. (Foto: Lintas24.com)

Jakarta - Ganjar Pranowo dinobatkan sebagai gubernur paling sigap dalam mengatasi pandemi Covid-19. Penobatan ini diberikan oleh 73 persen rakyat Jawa Tengah melalui penelitian yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pertengahan April 2020.

Selengkapnya hasil penelitian SMRC dengan 1.200 responden itu adalah sebanyak 73 persen rakyat Jawa Tengah menganggap Gubernur Ganjar Pranowo melakukan penanganan Covid-19 secara cepat. Selanjutnya 68 persen masyarakat Jawa Timur menganggap Gubernur Khofifah Indar Parawansa menangani Covid-19 secara cepat. Berikutnya 62 persen masyarakat DKI Jakarta menganggap Gubernur Anies Baswedan menangani Covid-19 secara cepat.

Banyak cara dilakukan Ganjar untuk mencegah penyebaran Covid-19. Di antaranya ia menyampaikan pesan lewan kaus. Di antaranya kaus bertuliskan 'Bersama Lawan Corona', 'Cuci Tangan Terus Biar Gak Kena Corona Virus'. Ada juga pesan disampaikan dengan bahasa Jawa, 'Nyedak Keplak' (mendekat tampar), 'Lagi Wabah Becik Ning Omah' (sedang wabah lebih baik di rumah).

Ini adalah bentuk kerja sama, kepedulian terhadap sesama, wujud gotong-royong masyarakat.

Berikutnya pesan penting memakai masker, ada kaus bertuliskan, 'Maskeran Keren'. Desainnya unik, kalau dilihat dari jauh, orang akan membacanya sebagai 'Mas Keren'. Ada juga kaus bertema mudik, yakni 'No Mudik No Cry' dengan gambar wajah Ganjar mengenakan wig ala Bob Marley.

Ganjar sering memakai kaus bertuliskan pesan-pesan tersebut, sehingga saat sesi wawancara dengan wartawan, banyak yang dibikin salah fokus. Kaus Ganjar menjadi perhatian dan banyak yang memesan.

“Karena yang pengen punya banyak, saya bilang ke teman-teman untuk dibuka pre-order saja. Semua bisa pesan sekalian donasi, jadi harganya ditinggikan, keuntungan semua untuk donasi,” kata Ganjar Pranowo, Sabtu, 18 April 2020.

Dalam waktu tiga hari, tercatat pesanan sekitar 2.500 kaus. Order datang dari penjuru Nusantara. Bahkan ada yang memesan dari Malaysia, Singapura, Hongkong, dan Taiwan. Kaus unik menghasilkan donasi Rp 170 juta, diberikan kepada masyarakat terdampak Covid-19.

"Ini adalah bentuk kerja sama, kepedulian terhadap sesama, wujud gotong-royong masyarakat," ujar Ganjar.

Ganjar PranowoGanjar Pranowo dengan kaos Cuci Tangan Terus Biar Gak Kena Corona Virus. (Foto: Instagram/masganjar)

Profil Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo lahir di Karang Anyar, Jawa Tengah, 28 Oktober 1968. Ia adalah anak kelima dari enam bersaudara dari pasangan Parmuji Pramudi Wiryo dan Suparmi.

Ayah Ganjar seorang polisi yang mengajarkannya hidup dengan kedisiplinan yang tinggi. Sementara ibunya merupakan ibu rumah tangga yang sangat setia kepada keluarganya. 

Ganjar menempuh pendidikan dasar di Sekolah Dasar Kutoarjo. Kemudian melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama di Kutoarjo Jawa Tengah. Setelah lulus SMP, ia meneruskan Sekolah Menengah Atas di SMA BOPKRI, Yogyakarta. Selanjutnya ia juga kuliah di Fakultas Hukum, Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Usai mendapatkan gelar sarjana, Ganjar membuka kantor hukum. Selain itu ia juga pernah menjadi konsultan SDM di PT Prastawana Karya Samitra. Tidak puas dengan karier profesionalnya, Ganjar terjun ke dunia politik, bergabung dengan PDI Perjuangan. 

Dia terpilih menjadi anggota DPR RI untuk periode 2009-2014. Di parlemen, ia ditugaskan partai untuk duduk di Komisi II membidangi persoalan hukum. Pada 2009-2010, ia juga termasuk salah satu panitia hak angket kasus Bank Century.

Selama duduk di Senayan, Ganjar melanjutkan studinya di Pascasarjana Ilmu Politik Universitas Indonesia. Pada 2013, ia berhenti di DPR untuk bertarung pada Pilgub Jawa Tengah 2013. Ia berpasangan dengan Heru Sudjatmoko yang diusung oleh PDIP mengalahkan patahana Bibit Waluyo. Ganjar Pranowo dalam usia 45 tahun resmi terpilih sebagai Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2018.

Selama menjabat gubernur, ia mendapatkan beberapa penghargaan di antaranya sebagai Kepala Daerah Inovatif 2014 untuk kategori layanan publik pada tahun 2014 dan anugerah Tokoh Media Radio dari Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) Jawa Tengah.

Pada Pilgub Jateng 2018, Ganjar kembali maju berpasangan dengan Taj Yasin Maimoen putra KH. Maimun Zubair dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ia kembali memenangkan pilgub untuk duduk menjadi gubernur di periode keduanya.

Ganjar PranowoGanjar Pranowo dengan kaos No Mudik No Cry. (Foto: Instagram/uksw_salatiga)

Keluarga

  • Istri : Siti Atikoh Supriyanti
  • Anak : Muhammad Zinedine Alam Ganjar

Pendidikan

  • SD Kutoarjo, Jawa Tengah.
  • SMP 1 Kutoarjo, Jawa Tengah.
  • SMA BOPKRI, Yogyakarta.
  • SMA BOPKRI, Yogyakarta.
  • Fakultas Hukum UGM, Yogyakarta
  • Pascasarjana Ilmu Politik Univeritas Indonesia

Karier

  • Konsultan SDM PT Prastawana Karya Samitra
  • PT Semeru Realindo Inti
  • Kantor Hukum
  • Anggota DPR RI Komisi II, 2009 - 2014
  • Anggota Pansus Angket Bank Century di DPR RI 2009-2010
  • Anggota Timwas Century di DPR RI 2010-2013
  • Ketua Pansus Ruu tentang Partai Politik di DPR RI 2007-2009
  • Ketua Pansus tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD di DPR RI 2007-2009
  • Anggota Badan Legislasi DPR RI 2004-2010
  • Sekretaris Fraksi PDIP MPR RI 2009-2010
  • Sekretaris I Fraksi PDIP DPR RI 2007-2009
  • Wakil Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI 2010-2013
  • Gubernur Jawa Tengah 2013-2018
  • Gubernur Jawa Tengah, 2018-2023

Penghargaan

  • Anugerah Pataka Paramadhana Utama Nugraha Koperasi (2013)
  • Kepala Daerah Inovatif untuk kategori layanan publik (2014)
  • Mengatasi Bencana di Provinsi Jawa Tengah (2014)
  • Anugerah Tokoh Media Radio dari Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) Jawa Tengah (2015)

Baca juga:

Berita terkait
Kaus Corona Ganjar Raup Ratusan Juta untuk Donasi
Sosialisai Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan menggunakan kaus bertulis semua hal terkait virus corona berbuah berkah.
PSI Dukung Ide Ganjar Pranowo soal TMP Tenaga Medis
Juru bicara PSI Dara Nasution mendukung ide Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo soal TMP bagi tenaga medis yang meninggal karena corona Covid-19.
Ganjar Minta Semarang Ikuti Pemkot Tegal
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong Pemkot Semarang untuk mengajukan PSBB ke Kemenkes karena sudah masuk zona merah Covid-19.
0
Lagi, Pasutri di Aceh Dinyatakan Positif Corona
Setelah hampir dua pekan tidak ada penambahan dan hari ini kembali terkonfirmasi 2 warga yang terpapar positif virus corona di Aceh