UNTUK INDONESIA
Foto Seksi Tara Baso Sebagai Bentuk Eksibisionisme
Jagat maya heboh lagi ketika artis Tara Basro mempertontonkan kemolekan tubuhnya tanpa busana di media sosial, aspek seksualitas ini eksibisionisme
Ilustrasi (Foto: europosters.eu)

Unggahan foto tanpa busana di dunia maya, dalam hal ini media sosial, selalu bikin heboh karena merupakan perbuatan yang langka yang selalu dikaitkan dengan moral. Begitu pula ketika artis Tara Baso mengunggah foto dirinya tanpa busana ke media sosial, 4 Maret 2020, menimbulkan keriuhan berupa tanggapan dan komentar.

Bugil di ranah publik dan mengunggah foto bugil di media sosial sudah beberapa kali terjadi. Tanggal 15 Januari 2017, misalnya, seorang perempuan, Rus, ketika itu 27 tahun, mengendarai sepeda motor tanpa memakai busana di sekitar Jalan Achmad Yani II dan Bandara Supadio, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Polisi kemudian mengatakan Rus ada di bawah pengaruh narkoba.

Masih di tahun 2017 polisi menangkap seorang perempuan yang muncul di rekaman video dengan kondisi setelah telanjang di sebuah apotek di Mangga Besar, Taman Sari, Jakarta Barat. Video yang menampilkan cewek berinisial VM, 26 tahun, ini viral di media sosial. Aksi ini berakhir di tangah polisi ketika VM ditangkap di sebuah apartemen tanggal 2 Juni 2017

Sedangkan di Samarinda, Kaltim, seorang perempuan KK, 23 tahun, ditetapkan polisi sebagai tersangka tanggal 23 Mei 2016 karena mahasiswi ini menyebarkan foto-foto syurnya di media sosial. KK sendiri menyerahkan diri dua hari sebelumnya karena berita di media cetak dan media sosial. KK menyebarkan foto-foto syur melalui WhatsApp (WA) ke orang-orang yang membeli foto-foto syurnya.

Sedangkan laki-laki biasanya menunjukkan alat kelamin atau melakukan onani di depan umum, khususnya kepada perempuan, di ranah publik sebagai bentuk eksibisionisme.

Di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, misalnya, seorang pria, BW, 40 tahun, ditangkap polisi tanggal 24 Januari 2020 karena melakukan onani di depan anak kecil di Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi. Pelaku mengaku tidak bisa mengingat berapa kali melakukan hal yang sama, dia perkirakan sudah ratusan kali.

Baca juga: Tunjukkan Alat Kelamin dan Onani di Tempat Umum

Di Bogor seorang pengunjung merekam perilaku seorang laki-laki yang onani di sebuah kafe di siang hari bolong (23 November 2018).

Di Ponorogo, Jawa Timur, seorang laki-laki, S, 45 tahun, ditangkap polisi karena memamerkan alat kelaminnya dan onani di taman kota ketika itu ada siswi-siswi SMA. S sempat dihakimi massa (27 November 2017).

Eksibisionisme merupakan salah satu bentuk parafilia yaitu orang-orang yang menyalurkan dorongan seksual dengan cara lain yang merupakan deviasi seksual. Tidak ada masalah dari aspek seksualitas tidak ada masalah, tapi berbenturan dengan norma, moral, agama dan hukum.

Laki-laki yang mempertontonkan alat kelamin atau onani di depan umum serta perempuan yang mengunggah fotonya di media sosial disebut (perilaku) eksibisionisme.

Perilaku eksibisionisme merupakan upaya untuk memperoleh perhatian orang lain biarpun perilaku itu oleh kebanyakan orang dianggap konyol. Hal itu mereka lakukan untuk menarik perhatian dari orang lain khususnya lawan jenis sebagai pemicu untuk memuaskan dorongan seksual tanpa rasa malu.

Pelaku eksibisionisme tidak terkait dengan kontak seksual, tapi pelaku memanfaatkan hal itu sebagai fantasi yang mendorong gairah seksual untuk melakukan onani (laki-laki) dan masturbasi (perempuan). []

Berita terkait
Foto Vulgar Tara Basro di Mata Darwis Triadi
Fotografer profesional Darwis Triadi mengomentari foto vulgar Tara Basro di media sosial.
Rahasia Tara Basro Cantik Natural Tanpa Makeup
Aktris Tara Basro yang heboh di perbincangkan karena unggahan fotonya tanpa mengenakan busana di media sosial, punya rahasia cantik tanpa makeup.
Momen Vulgar Tara Basro, BCL dan 2 Artis di Internet
Tara Basro, Bunga Citra Lestari (BCL) dan sederet artis lain pernah menjadi sorotan publik lantaran foto dan video vulgarnya tersebar di internet.
0
Lapak Berjarak Diterapkan di Pasar Bitingan Kudus
Pemkab Kudus mulai menerapkan physical distancing di Pasar Bitingan. Jarak lapak diatur sedemikian rupa agar pedagang tidak berdekatan.