UNTUK INDONESIA
Fakta tentang Tempat Wisata Terkenal di Dunia
Berbagai fakta tentang tempat wisata terkenal di dunia bisa jadi ajang untuk belajar tentang beberapa tujuan wisata terkenal di dunia
Pada zaman dulu, terdapat peri di Islandia (Foto: dw.com/id).

Jakarta - Apakah Anda tahu tembok besar di Cina dibangun dengan ketan? Walaupun Anda sekarang, terutama karena pandemi virus corona, mungkin tidak bisa keliling dunia, namun Anda bisa belajar tentang tempat wisata terkenal.

Aa… untuk Kota AachenAa… untuk Kota Aachen (Foto: dw.com/id).

Aa… untuk Kota Aachen. Banyak kota di Jerman yang terletak dekat sumber air mineral memakai kata "Bad“ ("Spa“) di depan namanya. Bahkan orang Romawi pada zaman dulu mengunjungi Aachen dan mandi dalam air mineral panas dekat Kota Aachen yang terletak di Jerman Barat. Namun, kota itu menolak memakai kata "Bad“. Tahukah Anda kenapa? Karena jika memakai kata tersebut, Aachen turun di daftar alfabetis kota Jerman.

nama terpanjangKota mana yang punya nama terpanjang di Eropa? (Foto: dw.com/id).

Kota mana yang punya nama terpanjang di Eropa?

Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch di Bagian Negara Britania Raya Wales. Tidak mungkin dapat diucapkan oleh orang yang tidak berbahasa Welsh! Nama kota ini berarti: "Gereja Santa Maria yang berbentuk kacang hazel putih dan berlokasi dekat Swift Eddy dan Gereja Thysili dekat Goa Merah“. Nama kota paling pendek di Eropa adalah kota Ee (Belanda) dan Y (Prancis).

Bangunan dari bahan makananBangunan dari bahan makanan (Foto: dw.com/id).

Bangunan dari bahan makanan. Ketan tidak hanya bisa dimakan – namun, bisa juga dipakai untuk membangun gedung! 1.500 tahun lalu, para ahli bangunan di Cina memakai ketan dan mencampurnya dengan kapur mati untuk menciptakan komposit mortir. Komposit mortir tersebut ditempelkan pada gedung makam, klenteng dan tembok. Jika orang Cina tidak memasukkan ketan dalam mortir, Tembok Besar Cina mungkin tidak lagi berdiri.

Perubahan tergantung musimPerubahan tergantung musim (Foto: dw.com/id).

Perubahan tergantung musim. Pada musim panas di Kota Paris, baja Menara Eiffel bisa mengembang berdasarkan tingkat kepanasan suhu hingga 15 centimeter lebih dibandingkan pada musim dingin. Namun, bukan hanya Eiffel saja, semua bangunan baja mengembang dan mengerut tergantung suhu. Namun, menara terkenal di Paris buatan arsitektur ikonis Haussmann itu terlihat indah dalam bentuk apa saja.

Menara PisaMenara Pisa (Foto: dw.com/id).

Menara Pisa, Italia. Menara Miring tercinta di Pisa, Italia selalu terlihat indah pada foto liburan. Namun, hal ini tak akan berlangsung la. Pasalnya, menara akan terus tenggelam dalam tanah liat dan pasir. Penggalian membuktikan bahwa menara ini dibangun di atas pulau di suatu pelabuhan purba. Keruntuhan Menara Pisa diprediksikan pada tahun 2300.

Lingua franca?Lingua franca? (Foto: dw.com/id).

Lingua franca? Bagi mereka yang bertanya-tanya mengapa mereka harus belajar bahasa Latin di sekolah mendapatkan jawabannya di sini: bahasa Latin adalah bahasa resmi Kota Vatikan. Bahkan, mesin ATM pun “berbicara” bahasa Latin. Anda tidak bisa menemukan ini di tempat lain di dunia – lagipula Kekaisaran Romawi telah runtuh beberapa abad lalu. Vatikan adalah negara terkecil di dunia yang dikelilingi kota Roma.

jembatan terbanyakKota mana yang mempunyai jembatan terbanyak? (Foto: dw.com/id). (Foto: dw.com/id)

Kota mana yang mempunyai jembatan terbanyak? Hamburg memiliki lebih banyak jembatan dari gabungan jumlah jembatan di kota Amsterdam dan Venesia – yaitu sekitar 2.500. Entah itu hancur, indah atau berguna, jembatan-jembatan di Hamburg menopang kota pusat pelabuhan di Jerman Utara. Anda tidak akan bisa menghindari jembatan jika berkunjung ke Kota Hamburg.

peri di IslandiaPada zaman dulu, terdapat peri di Islandia (Foto: dw.com/id).

Pada zaman dulu, terdapat peri di Islandia… Sampai sekarang beberapa masyarakat masih percaya adanya peri dan troll. Bahkan pernah ada penasihat pemerintah khusus peri, dan beberapa proyek bangunan dihentikan karena makhluk magis itu. Siapa saja yang tahu tentang alam di Islandia dapat memahami kepercayaan ini – dengan mata air panas, ladang lava, dan gletsernya, Islandia adalah rumah yang sempurna bagi para elf dan troll.

waktu menjadi nyataTempat di mana perjalanan waktu menjadi nyata…. (Foto: dw.com/id).

Tempat di mana perjalanan waktu menjadi nyata…. Kepulauan Fiji di Pasifik Selatan termasuk pulau Taveuni, dilalui garis bujur 180 derajat - garis tanggal. Mereka yang berdiri di atasnya, bisa dikatakan, 'abadi'. Jika seseorang melompat ke depan atau ke belakang berarti ia beralih ke hari ini dan kemarin (Elisabeth Yorck von Wartenburg/dw.com/id). []

Berita terkait
Kemenparekraf Dukung Simakrama Kepariwisataan di Bali
Kemenparekraf mendukung penyelenggaraan Simakrama Kepariwisataan di Bali, yakni sebuah kegiatan sosialisasi keparwisataan Bali di masa pandemi.
Bali Gelar Simakrama Kepariwisataan, Infrastruktur Ikut Dibahas
Provinsi Bali mensosialisasikan berbagai kebijakan yang didedikasikan untuk menggairahkan sektor pariwisata di Pulau Dewata.
Apakah Pariwisata Bali Siap Terima Wisatawan Asing
Di tengah pandemi virus corona baru yang masih menggeliat di dunia pariwisata Bali dikabarkan akan membuka diri untuk wisatawan asing
0
Sindir Politik Dinasti, PKS: Ini Bukan Perusahaan Keluarga
Wakil Ketua Fraksi PKS DPR, Mulyanto mengaku prihatin dengan sikap abai Pemerintahan Presiden Jokowi atas perkembangan politik dinasti saat ini.