Fakta Kacang Mete untuk Kesehatan Jantung

Sejumlah penelitian juga telah menghubungkan konsumsi beberapa kacang untuk menurunkan kadar kolesterol darah.
Ilustrasi Kacang Mete. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Sebuah laporan penelitian terbaru mengemukakan makan kacang mete secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke. Mengonsumsi kacang mete dapat memberikan manfaat kesehatan jantung.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa makan hanya dua ons kacang setiap hari dapat menurunkan kadar jenis kolesterol berbahaya (LDL) sebanyak 5 persen," bunyi laporan penelitian itu.

Sebagaimana dilansir dari laman EatThis pada Minggu, 26 September 2021, di sisi lain sejumlah penelitian juga telah menghubungkan konsumsi beberapa kacang untuk menurunkan kadar kolesterol darah.

Sebagai contoh, satu studi tahun 2019 menemukan bahwa itu dengan diabetes tipe 2 yang membuat 10 persen kalori harian untuk kacang mete memiliki rasio LDL terhadap HDL (kolesterol baik) lebih rendah daripada mereka yang tidak menikmati kacang mete.

Hasil dari satu studi tahun 2017 menunjukkan makan kacang mete meningkatkan kadar kolesterol HDL sekaligus menurunkan kadar kolesterol total dan LDL. Studi lain dari 2018 bahkan mengaitkan konsumsi mete dengan tingkat tekanan darah yang lebih rendah.

Namun, beberapa penelitian menyebut efek kacang mete dalam menurunkan kadar kolesterol darah yang berbahaya tidak terlalu meyakinkan.

Misalnya, satu ulasan tahun 2019, meskipun mengunyah kacang mete secara konsisten dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah dan trigliserida. Hal itu tidak berpengaruh pada penurunan kadar kolesterol total atau kolesterol LDL.

Perlu diingat, ada sejumlah penelitian terbatas yang mengeksplorasi asupan jambu mete dan kesehatan jantung, di mana sebagiannya dapat menjelaskan hasil yang bertentangan. Jadi mungkin yang terbaik adalah makan berbagai kacang untuk menuai manfaat kesehatan jantung.

Satu studi besar tahun 2018 menunjukkan makan kacang tanah dan kacang pohon dua kali sepekan dan kenari sepekan sekali dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 13 persen-19 persen dan risiko penyakit jantung 15 persen-23 persen.[]

Baca Juga:

Berita terkait
8 Manfaat Selai Kacang, Cegah Berat Badan dan Diabetes
Sudah menjadi rahasia umum bahwa kacang-kacangan memiliki manfaat yang berlimpah bagi tubuh.
Resep Es Kacang Hijau Spesial
Manfaat mengonsumsi kacang hijau salah satunya adalah mencegah kanker dan osteoporosis. Kacang hijau bisa diolah jadi berbagai varian makanan.
6 Manfaat Kacang Almond Sebelum Berhubungan Seksual
Mencari camilan yang sehat sebelum berhubungan seksual dengan pasangan? Kacang almond jawabannya.
0
Chelesa Harus Takluk di Tangan Juara Bertahan Liga Inggris
Juara bertahan Liga Champions, Chelsea harus takluk di tangan juara bertahan Liga Inggris, Manchester City dengan skor tipis 1-0.