Fachrul Razi Bicara Kelompok Merasa Hebat Tak Hormati Aturan

Menag Fachrul Razi menegaskan tidak boleh ada kelompok yang merasa hebat dan tidak menghormati aturan yang telah ada.
Fachrul Razi saat mengucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda. (Foto: Tagar/Kemenag)

Jakarta - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menegaskan bahwa tidak boleh ada kelompok yang merasa hebat di Indonesia. Akibatnya tidak menghormati aturan yang telah ada.

Mantan Wakil Panglima TNI ini menegaskan, Indonesia adalah negara yang berbhineka. Kebhinekaan ini patut disyukuri dengan cara saling menghargai perbedaan dan keragaman, bukan saling cela, apalagi unjuk kekuatan.

"Mari bersyukur atas kebhinekaan kita, dan merawatnya dengan penuh kebahagiaan dan sukacita. Indonesia milik kita, tidak boleh ada kelompok orang yang merasa hebat lalu unjuk kekuatan dengan tidak menghormati aturan yang ada. Itu bukan gaya masyarakat Indonesia dan bisa merusak sendi kehidupan berbangsa," kata Fachrul Razi lewat keterangan tertulisnya, Selasa, 17 November 2020.

Fachrul meminta agar masyarakat menunjukkan akhlak mulia seperti yang diajarkan setiap agama.

Jangan teriakkan hal-hal yang memicu sentimen keagamaan dan pemahaman agama.

Menurutnya, semua agama mengajarkan kesantunan dan ahlak terpuji. Semua agama tidak mengajarkan gaya-gaya yang arogan dan unjuk kekuatan. Ketika menjadi pemimpin, maka amanah, dan tidak seharusnya melakukan tindakan provokatif.

"Ajak umat untuk bersama, bergandengan tangan menjaga NKRI dan kebhinekaan Indonesia," tuturnya.

Fachrul mengatakan, berapa pun banyak anggota organisasi di negeri ini tidak akan menyaingi jumlah populasi penduduk di Indonesia. Sebab itu kedepankan persatuan bukan malah memperluas sentimen keagamaan.

"Jumlah yang ada bukan untuk unjuk kekuatan, tapi untuk dioptimalkan dalam meneguhkan cinta kedamaian dan ketenangan dalam negara NKRI ini. Jangan teriakkan hal-hal yang memicu sentimen keagamaan dan pemahaman agama. Mari kedepankan keteladanan untuk tegaskan persatuan," ujar Fachrul.

Berita terkait
Fachrul Razi Sebut Ucapan Macron Tindakan Kriminal
Fachrul menilai, pernyataan Macron sudah sangat melukai perasaan umat muslim karena mengaitkan agama Islam dengan tindakan terorisme.
Fachrul Razi Minta Jokowi Segera Tunda Pilkada 2020
Ketua Komite I DPD RI, Fachrul Razi meminta Presiden Jokowi untuk menunda pelaksanaan Pilkada serentak yang akan diselenggarakan Desember 2020.
Doa Menag Fachrul Razi untuk Menteri Agama Malaysia
Menag Fachrul Razi menyampaikan doanya untuk Menteri Agama Malaysia yang positif Covid-19.
0
China Tuduh Amerika Politisasi Asal Muasal Virus Corona
China mengecam langkah Amerika Serikat melacak asal muasal virus corona yang disebut China sebagai “mempolitisasi” pelacakan