UNTUK INDONESIA
Enam Trik Bikin Kaya di Usia Muda
Butuh trik khusus untuk menjadi kaya di usia muda. Berikut Tagar berikan tips yang perlu diperhatikan anak muda jika ingin beroleh kaya.
Ilustrasi Kaya. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Ketercukupan ekonomi di masa muda menjadi sebuah hal yang sangat didambakan oleh sebagian besar masyarakat di dunia ini. Terlebih, jika kebebasan finansial itu dapat dicapai dalam usia dini.

Menurut pengarang buku populer Rich Dad Poor Dad, Robert Kiyosaki, kebebasan finansial dapat dicapai dengan mendapatkan pendapatan pasif yang melebihi biaya hidup dan gaya hidup sehari–hari. Lalu, bagaimana siasat menjadi kaya diusia muda?

Pertama adalah memanfaatkan properti dan fasilitas yang dimiliki sebagai pendapatan pasif. Caranya, dengan menyewakan rumah, apartemen, atau juga sebidang lahan yang dimiliki kepada pihak ketiga. 

Bisa jadi penguasaan sejumlah aset properti tersebut akan lebih bermanfaat dan menghasilkan uang jika kita mengalihgunakan kepada orang lain dengan batas waktu tertentu. 

Ingat, jangan pernah berpikir bahwa mimpi tidak akan tercapai hanya karena mimpi tersebut belum terwujud dalam waktu dekat.

Selain itu, menyewakan kendaraan pribadi juga bisa jadi cara tersendiri untuk mendapatkan penghasilan pasif. Setidaknya, penghasilan yang diperoleh bisa menutupi beban pembayaran angsuran kendaraan tersebut.

Kedua, apabila mempunyai usaha yang potensial berkembang, tidak ada salahnya untuk memberikan hak jual kepada orang lain atas merek dagang yang dimiliki. Dari upaya tersebut dapat memberikan tambahan penghasilan lewat pemakaian lisensi dagang. Skema seperti ini lazimnya disebut dengan waralaba atau franchise.

Ketiga adalah berinvestasi emas. Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa emas menjadi salah satu instrumen penyimpan kekayaan yang telah digunakan secara turun-temurun. Emas juga dapat dijadikan sebagai alat investasi untuk menghasilkan pendapatan atas selisih pembelian dan penjualan. 

Pilihlah waktu yang tepat untuk membeli logam mulia ini. Kemudian saat harga tinggi, tidak ada salahnya menjual emas yang dikoleksi guna memperoleh keuntungan.

Selanjutnya adalah upaya pembentukan paradigma untuk menjadikan tabungan dan investasi sebagai kebutuhan utama. Biasanya, banyak orang yang terbebani jika harus menyisihkan sebagian pendapatan yang diperoleh untuk menabung. 

Hal itu terjadi lantaran belum terciptanya pemahaman mendasar akan pentingnya mengumpulkan dana untuk masa depan. Sikap kebutuhan tersebut juga harus disematkan pada bujet investasi. Jika telah terbiasa, pola ini akan menjadi rutinitas bulanan bahkan harian yang sangat bermanfaat.

Kelima, yaitu pembebasan diri dari utang. Sebenarnya, utang tidak melulu soal urusan buruk. Utang sendiri dapat berubah menjadi manfaat apabila dapat mengelola secara tepat. 

Namun tetap saja, kartu debit lebih baik dibandingkan dengan kartu kredit. Usahakan meminimalisir penggunaan utang bagi pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Pendekatan ini berguna untuk mengurangi beban pengeluaran setiap bulan.

Keenam, miliki mentor apabila merasa perlu. Peran perencana keuangan dirasa makin krusial akhir-akhir ini, mengingat semakin banyak kalangan kelas menengah dan atas yang kesulitan mengatur arus pendapatan dan pengeluaran. Belum lagi pemilihan instrumen investasi apa yang dirasa tepat dengan kemampuan finansial pribadi.

"Ingat, jangan pernah berpikir bahwa mimpi tidak akan tercapai hanya karena mimpi tersebut belum terwujud dalam waktu dekat," tutur Jack Ma pendiri Alibaba Grup yang memiliki valuasi pasar sekitar US$ 500 miliar.

Namun, jangan lupakan pula hakikat kebahagian itu sendiri bukan berasal dari uang yang dimiliki, tetapi atas persepsi yang timbul dari dalam diri sendiri.

"Pada akhirnya kita semua akan sadar bahwa ini bukan soal uang. Uang tidak bisa membeli kebahagiaan dan memastikan kebahagiaan itu muncul. Ini adalah soal kebebasan dan nikmat hidup yang sebenarnya. Semua orang akan mati, tapi tidak semua orang bisa menikmati hidupnya," kata salah satu pepatah bijak. []

Baca juga:

Berita terkait
Harta Haram Wanita Terkaya di Afrika
Wanita terkaya di Afrika yang merupakan anak mantan Presiden Angola diduga menyembunyikan harta haram di Panama.
Tips Awet Muda dengan Buah Goji Berry
Produk alami seperti halnya buah Goji Berry yang bermanfaat untuk membuat awet muda.
Berkah Pemuda Tampan Penjual Gorengan di Bulukumba
Gagal kuliah bukan berarti harus berputus asa. Banyak cara untuk meraih kesuksesan. Seperti kisah pemuda penjual gorengan di Bulukumba, Sulsel.
0
Fahira Idris Batal Penuhi Panggilan Bareskrim
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Fahira Idris batal memenuhi panggilan polisi terkait cuitan yang dianggap hoaks oleh Muannas Alaidid