UNTUK INDONESIA
Enam Tips Berlibur Sembari Membawa Bayi
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar rencana liburan sambil membawa bayi tidak berantakan.
Ilustrasi. (Foto: news.com.au)

Jakarta - Rencana berlibur dengan keluarga terkadang sulit dilakukan karena persoalan mengurus bayi. Bahkan, tidak sedikit mereka membatalkannya karena khawatir dengan kenyamanan dan kondisi anaknya tersebut saat sedang dalam perjalanan. 

Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, ketika liburan harus membawa bayi. Berikut Tagar rangkum enam tips berlibur sambil membawa bayi.

1. Membuat Daftar Kebutuhan Bayi yang Harus Dibawa

Membuat daftar kebutuhan bayi yang harus dibawa sepanjang perjalanan, karena hal itu wajib dilakukan para orang tua. 

Tujuannya agar barang-barang tersebut tidak tertinggal atau terlupakan. 

Saat hendak liburan, orang tua yang mempunyai bayi harus wajib membawa popok, lap, selimut, pakaian ganti bayi, nursing pads bagi ibu yang menyusui, dot, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, orang tua harus menggunakan tas yang aman dan nyaman untuk menyimpan barang kebutuhan bayi. Usahakan barang yang akan dibawa disesuaikan dengan kapasitas tas.

2. Menyiagakan Botol/Dot Bayi

Hal ini wajib dipersiapkan oleh orang tua, khususnya bagi bayi mereka yang sudah dapat mengonsumsi susu formula.

Simpanlah botol bayi di tas yang selalu dibawa. Jangan hanya satu saja, tetapi sediakan setidaknya dua botol bayi untuk jaga-jaga.

Jika kamu harus libur dengan pesawat terbang, sediakan susu bubuk formula yang cukup. Ada baiknya untuk tidak membawa air panas karena biasanya pramugari menyediakan air panas untuk orang tua yang sedang memiliki bayi.

3. Jangan Takut Menyusui Di Pesawat

Terkadang, para ibu mengalami kekhawatiran dan tidak nyaman saat harus menyusui di pesawat

Terkadang menyusui di pesawat ada resiko ketika ada turbelensi dan guncangan. Hal itu membuat para ibu tidak merasa nyaman. 

Namun, ada baiknya menaruh ASI ke dalam botol sebelum berangkat. Sehingga, tidak perlu lagi menyusui bayi di dalam pesawat. 

Kalaupun terpaksa menyusui bayi di dalam pesawat, cobalah mencari tempat duduk yang nyaman.

4. Menggunakan Kursi Bayi

Menggunakan kursi bayi saat bepergian jauh dengan mobil sangat penting. Selain bayi dapat bergerak leluasa sepanjang jalan, ternyata dapat menjaga anak Anda dari kemungkinan benturan. 

Biasanya, hampir semua mobil pabrikan sudah menyematkan ISOFIX sebagai gantungan untuk memasang kursi bayi. Jika tidak menyiapkan kursi bayi, bisa saja membuat orang tua lelah dan tidak rileks sepanjang perjalanan. 

5. Membawa Kereta Bayi

Membawa kereta bayi saat berlibur sangat disarankan untuk menunjang kenyamanan ketika berlibur. Gunakanlah kereta bayi yang proper dan praktis untuk dibawa saat perjalanan jauh. 

Selain praktis, kereta bayi dapat digunakan untuk menyimpan sejumlah peralatan, seperti botol, lap, dan sebagainya.

6. Menjaga Sikap Ketika Berkendara

Ketika Anda membawa bayi dengan menggunakan kendaraan, usahakan mengatur kecepatan yang stabil. Jangan mengebut atau ugal-ugalan, karena akan mempengaruhi kenyamanan atau membuat bayi Anda jadi rentan mabuk diperjalanan. 

Selain menjaga kecepatan saat berkendara, cobalah mengatur musik yang sesuai dengan suasana bayi. Beberapa penelitian menunjukkan memasang aliran klasik seperti Mozart dan Beethoven dapat membantu meningkatkan kecerdasan bayi.[]

Baca juga:

Berita terkait
Lima Tips Jaga Kesehatan Ketika Musim Hujan
Musim hujan kerap membuat tubuh rentan terserang penyakit seperti flu. Maka, sangat penting menjaga kesehatan ketika musim hujan.
6 Destinasi Traveling Murah Meriah di Korea Selatan
Berapa bujet ketika traveling? Pertanyaan itu tentu memiliki jawaban yang mendasari para traveler saat ingin melancong, misalnya ke Korea Selatan.
Begini Cara Jubir KPK Mendidik Anak Agar Anti Korupsi
Febri Diansyah juru bicara KPK punya cara menanamkan sikap anti korupsi pada anak sejak usia dini.
0
Terkena Flu Burung, Puluhan Ekor Ayam Dimusnahkan
Puluhan ekor ayam di Tegal dimusnakah karena positif terserang virus flue burung