Empat Makanan Hangat Berkuah Khas Bandung yang Wajib Dicoba

Ada banyak makanan berkuah yang wajib anda nikmati saat berada di Kota Bandung, berikut empat makanan kuah yang enak di Kota Kembang.
Batagor kuah khas Bandung. (Foto: Instagram/baksourat_kakilima)

Bandung - Memasuki musim penghujan, cuaca di Kota Bandung terasa lebih dingin. Udara yang dingin membuat perut terasa lebih cepat lapar. Makanan hangat dan berkuah sangat pas dinikmati ketika musim hujan.

Bandung yang dijuluki Kota Kembang ini memiliki beragam kuliner yang enak dan menggoyang lidah, dari makanan pinggir jalan hingga restoran mudah ditemukan di kota ini.

Kulinernya seolah tiada habis untuk bisa dicicipi. Banyak sekali olahan dari bahan sederhana menjadi makanan yang nikmat dan populer di masyarakat.

Apa saja makanan berkuah dari Bandung yang bisa hangatkan tubuh saat musim hujan? Simak berikut ini ya.

1. Seblak

Siapa yang tidak tahu seblak? Makanan ini sangat populer, terutama di kota asalnya Bandung. Di musim hujan seperti sekarang sangat pas jika menikmati makanan yang berbahan dasar kerupuk ini.

SeblakSeblak makanan khas Bandung. (Foto: Instagram/bogorinstakuliner)

Rasanya yang pedas dan gurih sangat cocok untuk menghangatkan tubuh dari dinginnya hujan.

Penjual seblak dapat ditemui dengan mudah di Bandung. Kini seblak tidak hanya berbahan kerupuk saja. Namun berbagai isian lain seperti ceker, sosis, bakso, toge, makaroni, telur, kwetiau hingga sawi pun bisa Anda coba.

Harga seblak bervariasi sesuai dengan isiannya. Bagi Anda pecinta makanan pedas, Seblak bisa jadi pilihan.

2. Bakso Cuanki

Jika dilihat sekilas, bakso cuanki hampir mirip dengan bakso Malang. Namun, yang berbeda Cuanki tidak menggunakan pangsit goreng dan mi kuning seperti bakso Malang.

BaksoBakso Cuanki khas Bandung. (Foto: instagram/ericekos)

Selain itu, biasanya pedagang keliling tidak menjualnya dengan gerobak, melainkan di pikul, sesuai dengan namanya Cuanki berarti "cari uang jalan kaki".

Makanan berkuah ini sangatlah nikmat di santap sembari menunggu hujan reda. Isian yang biasa terdapat di dalamnya berupa bakso, siomay goreng, siomay kukus, tahu rebus, dan tahu goreng. Jika ingin porsi yang banyak, Anda dapat menambahkan mi instan juga lho...

3. Batagor Kuah

Di kutip dari liputan6.com, makanan khas Bandung ini diadaptasi dari kuliner China yaitu dim sum shumai. Batagor sendiri berasal dari kependekan baso tahu goreng.

BatagorBatagor kuah khas Bandung. (Foto: Instagram/baksourat_kakilima)

Seusai dengan namanya, makanan ini berbahan dasar daging ikan tenggiri yang dimasukan ke dalam tahu atau pangsit, lalu digoreng.

Batagor kini tidak hanya tersaji berbalut bumbu kacang saja, melainkan dapat juga disajikan dengan kuah kaldu ayam. Kuah gurih yang disiram potongan-potongan bagator goreng, membuatnya memiliki tekstur dan rasa yang berbeda.

Musim hujan adalah waktu yang cocok menyantap Batagor kuah bersama teman ataupun keluarga.

4. Mie Kocok Bandung

Makanan lain yang digemari oleh masyarakat Kota Kembang saat hujan, yakni Mie Kocok Bandung. Mie kocok merupakan makanan berbahan mi kuning yang disiram dengan kuah kaldu sapi dengan berbagai isian berupa kikil, bakso, dan toge.

Mie Kocok BandungMie kocok Bandung. (Foto: instagram/doyanbakmie)

Makanan ini akan lebih nikmat jika ditabur bawang goreng, irisan selederi, daun bawang, dan perasan jeruk nipis.

Untuk satu porsinya, rata-rata mie kocok Bandung dibanderol dari kisaran harga Rp 20.000-Rp 40.000. Harganya cukup sesuai dengan isiannya. [] (Grace Natalia Indah) 

Berita terkait
Demen Foto Makanan, Ini Tips Food Photography yang Ciamik
Sebenarnya untuk memotret makanan ini bisa dibilang gampang-gampang susah, oleh sebab butuh trik khusus untuk bisa menghasilkan gambar yang ciamik.
Jepang Pantau Warganya Mubazir Buang Makanan Tiap Hari
Pemerintah Jepang perhatian terhadap warganya yang mubazir buang makanan setiap hari.
Berikut Kuliner Khas Sulawesi Barat yang Wajib Anda Coba
Berikut ragam kuliner khas Sulawesi Barat yang wajib anda cicipi jika berkunjung ke wilayah tersebut
0
Dugaan Penipuan Jumlah Tes Covid-19 di Jerman
Dugaan penipuan jumlah tes Covid-19 di Jerman meningkat, otoritas keseharan Jerman membahas mekanisme kontrol jumlah tes