Jakarta - Memutuskan untuk menjadi mualaf bukan perkara yang mudah, selalu ada pertikaian batin di dalam diri. Namun, pasti ada alasannya tersendiri untuk memeluk agama yang menjadi kepercayaan baru. 

Berikut Tagar rangkumkan empat figur ternama yang menjadi mualaf.

1. Dian Sastrowardoyo

Dian SastrowardoyoArtis Dian Sastrowardoyo.(Foto: Istimewa)

Perempuan kelahiran 16 Maret 1982 ini memutuskan menjadi mualaf pada tahun 2006. Bukan karena alasan ingin tenar, tapi berdasarkan dari kemauannya sendiri. Meskipun sang ibunda menganut agama Katolik, itu tidak menjadi permasalahan. Menurut dia, perbedaan itu bukan untuk yang diperdebatkan.

2.  Lindswell Kwok

Pernikahan LindswellLindswell Kwok. (Foto: Istimewa)

Perempuan berkelahiran 24 September 1991, saat memeluk agama Islam sempat menjadi sorotan. Dia mulai tertarik mempelajari agama Islam saat melihat teman seprofesinya, Juwita Niza Wasni dan Achmad Hulaefi.  

"Aku mulai cari tahu itu di 2015. Itu dari teman-teman. Itu pertama, karena bagaimana pun kita enggak akan mengenal kalau enggak ada perkenalan dari orang. Terus, dari sana nyari tahu sendiri," ujar Lindswel.  

Tak lama menjelang hari pernikahannya pada 2018 dengan rekan sesama atlet wushu Nasional, Achmad Hulaefi, perempuan kelahiran Binjai ini mengikuti keyakinan sang suami yang seorang muslim. Sebelumnya Lindswell beragama Buddha.   

3.  Melly Goeslaw  

Melly GoeslowMelly Goeslow.(Foto: Instagram/ melly_goeslaw)

Perempuan kelahiran 7 Januari 1974 ini memutuskan menjadi mualaf saat hendak menikah dengan Anto Hoed suaminya. Setelah menikah dengan Anto Hoed 1995, Melly mengucapkan dua kalimat syahadat, dan kini penyanyi sekaligus pencipta lagu itu memutuskan berhijab dalam kesehariannya.

4. Setya Novanto 

Setya NovantoTerpidana Kasus Korupsi KTP elektronik Setya Novanto. (Foto: Ant/Novrian Arbi)

Setya Novanto lahir dalam dan dibesarkan secara Katolik. Dia menikah dengan Luciana Lily, dan memiliki dua anak yaitu Rheza Herwindo dan Dwina MichaellaIa. Novanto hidup dalam lingkungan Katolik.

Setnov kemudian bercerai dan menikah lagi dengan Deisti Astriani Tagor yang seorang muslim. Ayah dari Giovanno Farrel Novanto dan Gavriel Putranto itu kemudian memutuskan menjadi mualaf. []

Baca juga: