Makassar - Juara Grup H PSM Makassar akan menghadapi wakil Vietnam Becamex Binh Duong FC di semifinal zona ASEAN Piala AFC. Becamex yang berada di Grup G menjadi lawan PSM setelah menjadi runner up terbaik zona ASEAN. 

Becamex memastikan lolos ke semifinal setelah mengalahkan Ceres Negros 1-0, Rabu 15 Mei 2019. Kemenangan itu menjadikan Becamex menduduki peringkat dua sekaligus menyingkirkan Persija Jakarta setelah mengantongi poin 13. 

Becamex sesungguhnya memiliki poin sama dengan Tampines Rovers. Hanya saja, Becamex unggul selisih gol atas klub asal Singapura tersebut.

Di semifinal zona ASEAN, pertandingan menggunakan sistem tandang dan kandang. Di pertandingan pertama, PSM akan bermain di kandang lawan pada Rabu 19 Juni 2019. Selanjutnya, PSM bertindak sebagai tuan rumah saat menjamu Becamex, Rabu 26 Juni 2019. 

Menariknya, Becamex merupakan klub yang pernah diperkuat bintang PSM, Wiljan Pluim. Gelandang berusia 30 asal Belanda ini pernah memperkuat Becamex  pada 2015. 

PSM menjadi satu-satunya klub Indonesia yang masih bertahan di kompetisi kasta kedua Asia ini. PSM memastikan tiket ke semifinal setelah menjadi juara Grup H. Juku Eja mengoleksi 14 poin hasil dari empat kali menang dan dua kali imbang. Dari enam pertandingan yang dilakoni di penyisihan grup, PSM tak sekalipun menelan kekalahan.

Persija yang tergabung di Grup G dipastikan tersingkir. Meski menang telak 6-1 atas Shan United di laga pamungkas penyisihan grup, Macan Kemayoran harus puas berada di peringkat ketiga. []

Baca juga: