UNTUK INDONESIA
Ducati Superleggera V4 Diproduksi Hanya 500 Unit
Ducati menghadirkan Superleggera V4, sebuah superbike yang menggunakan mesin V-Four berkapasitas 998 cc.
Ducati Superleggera V4. (Foto: Carscoops)

Jakarta - Produsen sepeda motor terkemuka asal Italia, Ducati menghadirkan Superleggera V4, sebuah superbike yang menggunakan mesin V-Four berkapasitas 998 cc. Motor sport ini mampu memuntahkan tenaga maksimal mencapai 231 hp ketika dilengkapi dengan sistem pembuangan Akrapovic yang tersedia untuk penggunaan trek.

Dilansir dari Carscoops, Senin, 10 Februari 2020, Ducati memproduksi Superleggera V4 secara terbatas, yakni hanya 500 unit diseluruh dunia. Tidak hanya itu, motor ini menjadi motor pertama di dunia yang seluruh struktur penahan bebannya dibuat dari serat karbon, termasuk rangka, subframe, roda, dan swingarm satu sisi.

Superleggera V4 juga dilengkapi dengan sayap serat karbon aerodinamis yang tajam pada fairings yang menghasilkan downforce 50 kg kecepatan 270 km/jam, yang membuatnya stabil saat menikung dengan kecepatan tinggi serta meningkatkan stabilitas pengereman.

Dari segi dimensi, Ducati Superleggera V4 memiliki berat hanya 159 kg dalam bentuk standar, sementara untuk yang dilengkapi dengan Racing Kit opsional, beratnya hanya 152,2 kg. Hal tersebut mampu memberikan rasio power-to-weight terbaik di kategori street motor.

Superbike ini menggunakan sistem suspensi Ohlins dan dilengkapi shock absorber titanium. Selain suspensi motor ini juga mampu meningkatkan redaman selama tahap kompresi awal karena sudah dilengkapi katup turunan GP.

Pada sistem pengereman, Superleggera V4 dilengkapi dengan rem Brembo dan tutup radiator khusus yang terbuat dari aluminium solid. Yang unik, kunci kontak baru motor ini menunjukkan nomor sasis (chassis number) dari masing-masing motor.

Sebanyak 500 unit Ducati Superleggera V4 ini akan mulai didistribusikan pada Juni 2020. []

Berita terkait
Ducati Produksi Sepeda Listrik Setara Harga Mobil
Sepeda listrik ini memiliki spesifikasi ala motor gede (moge).
Strategi Memilih Pembalap, Kunci Sukses Ducati di MotoGP
Sepanjang musim tahun ini, Ducati sukses mengoleksi enam podium dari pembalap Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo dan Danilo Petrucci. Bos Monster Yamaha Tech 3 yang juga Presiden IRTA, Herve Poncharal mengakui kesuksesan Ducati adalah karena tim Ducati piawai dalam pemilihan pembalap.
Lorenzo: Juara Dunia Penting Bagi Ducati, Saya Tak Bisa Kejar Dovi
General manager Ducati Corse, Luigi "Gigi" Dall"Igna, mengatakan bahwa gelar juara dunia MotoGP 2017 sangat penting bagi pabrikan Italia.
0
Pembina Pramuka SMPN 1 Turi Sleman Tersangka
Polda DIY menetapkan satu tersangka musibah susur sungai Sempor. Tersangka itu tak lain pembina Pramuka sekaligus guru SMPN 1 Turi.