UNTUK INDONESIA

DPR Bersama Kementerian PUPR Tinjau Pembangunan Tol

Komisi V DPR RI bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meninjau pembangunan Jalan Tol Serpong – Cinere.
Pembangunan Tol Cinere ditinjau langsung DPR RI dan Kementerian PUPR (Foto:Tagar/pu.go.id)

Jakarta - Dalam rangka menjalankan tugas pengawasan terhadap pembangunan infrastruktur, Komisi V DPR RI bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meninjau pembangunan Jalan Tol Serpong – Cinere. 

Jalan tol ini merupakan bagian dari jaringan JORR II yang akan meningkatkan konektivitas guna mendukung distribusi logistik di Kawasan produktif khususnya daerah Jabodetabek dan mengurangi beban lalu lintas di JORR I yang semakin padat.

Jalan Tol Serpong – Cinere memiliki panjang 10,14 kilometer terdiri dari 2 seksi. Pada Seksi 1 Ruas Serpong – Pamulang dengan panjang 6,59 kilometer progres konstruksinya sudah mencapai 96,47 persen. Sementara untuk Seksi 2 Pamulang – Cinere sepanjang 3,55 kilometer dengan progres konstruksi 70,75 persen ditargetkan selesai pada Februari 2021.

Kementerian PUPR juga terus berkomitmen mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang merupakan visi Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk 5 tahun ke depan. 

Diantaranya pembangunan sarana dan prasarana pendidikan berupa rumah susun (rusun). Salah satunya adalah Rumah Susun Pondok Pesantren Institut Ilmu Al-Quran (IIQ), Tangerang Selatan, Banten.

Dalam kunjungannya, Pimpinan Komisi V DPR Ridwan Bae mengapresiasi pembangunan yang dilakukan Kementerian PUPR untuk meningkatkan kualitas SDM. 

"Setelah kami meninjau rusun ini, kondisinya sangat baik dan kebersihannya juga bagus. Saya berharap bantuan pemerintah ini bisa dimnafaatkan dan dipelihara dengan baik," ujarnya.

Rusun Ponpes Institut Ilmu Al-Quran berlokasi di Kota Tangerang Selaan, Banten. Rusun ini terdiri dari satu tower setinggi tiga lantai. Rusun dibangun dengan tipe 24 yang dapat menampung 256 santri putri. Rusun ini juga dilengkapi dengan air bersih, instalasi listrik, tempat tidur, lemari dan mebeleuir lainnya sebanyak 64 unit termasuk 2 unit difabel serta prasarana dan sarana umum lainnya. Rusun ponpes ini dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT. Deficy Sigar Pratama dengan anggaran senilai Rp. 17,4 Miliar.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Plt.Direktur Rumah Susun Direktorat Jenderal Perumahan Maryoko Hadi, Kepala Balai Perumahan Jawa I Bisma Staniarto, Kepala Bidang Teknik BPJT Priawan Avicenna, dan Plt. Anggota BPJT unsur Kementerian PUPR Mahbullah Nurdin. []

Baca juga:

Berita terkait
Menteri PUPR Optimis Target Infrastruktur KSPN Selesai 2021
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono optimis dukungan infrastruktur pada lima KSPN selesai tahun 2021
Kementerian PUPR Siapkan Penghijauan Sambut Hari Bakti PU
Diharapkan, keberadaan bendungan dapat bernilai lebih besar bagi masyarakat disamping sebagai irigasi, air baku, pengendalian banjir
Kementerian PUPR Selesaikan Pembangunan Kolam di Gowa Sulsel
Kolam Nipa-nipa dibangun untuk mengurangi risiko banjir yang kerap terjadi di Kota Makassar dan sekitarnya akibat luapan Sungai Tallo bagian hilir.
0
DPR Bersama Kementerian PUPR Tinjau Pembangunan Tol
Komisi V DPR RI bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meninjau pembangunan Jalan Tol Serpong – Cinere.