Dokter: Satu Virus Varian Delta Bisa Tularkan Hingga 8 Orang

Gatut menyarankan agar masyarakat selalu menjaga kebersihan, seperti mencuci tangan dengan sabun. Hal itu dinilai lebih baik.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Dokter dari Rumah Sakit Universitas Indonesia (RS UI) dr Gatut Priyonugroho mengatakan, tingkat penularan Covid-19 varian delta lebih tinggi dibanding varian lain. Bahkan dari satu orang, virus ini bisa menularkan ke 8 orang lainnya.

Menurutnya, apabila seseorang yang sudah terinfeksi Covid-19 dan divaksinasi, maka antibodi naik. Namun, hal ini menjadi pengecualian pada virus varian delta.

"Virus Covid-19 varian alpha dari UK bisa menular dari satu orang kepada enam orang, dan varian delta dari satu orang menularkannya kepada delapan orang. Angka tersebut tidak saklek, tapi menggambarkan bahwa semudah itu varian Covid-19 yang baru menular," kata dia dalam webinar 'Mengenal Lebih Dekat Covid-19 Varian Delta', Rabu, 14 Juli 2021.

"Ketika dia sudah kena varian delta, terus divaksin, maka keefektifannya tidak sebaik seseorang yang belum terkena jenis varian tersebut," katanya.

Untuk itu, Gatut menyarankan agar masyarakat selalu menjaga kebersihan, seperti mencuci tangan dengan sabun. Hal itu dinilai lebih baik dibandingkan melakukan disinfeksi.


Virus Covid-19 varian alpha dari UK bisa menular dari satu orang kepada enam orang, dan varian delta dari satu orang menularkannya kepada delapan orang.


"Kalau tangan kita kotor, jangan didisinfeksi saja tapi tidak dibersihkan. Bersihkan dulu menggunakan sabun, karena cara ini paling aman untuk merontokkan struktur virus yang hinggap pada tangan kita," ujarnya.

Adapun, virus corona varian delta memiliki gejala yang hampir sama dengan varian lain, yakni demam (94 %), batuk (79 %), sesak (55 %), berdahak (23 %), nyeri badan (15 %), lelah (23 %), sakit kepala (8 %), rinorea (7 %), batuk darah (5 %), diare (5 %), anosmia (3 %), dan mual (4 %). Jika seseorang terkena Covid ringan, pada umumnya ia baik-baik saja (0.1 % memberat).

Baca Juga: Budi Gunadi Sadikin: Sebaran Varian Delta Bisa Diprediksi

Berita terkait
Covid-19 Varian Delta Meroket di Beberapa Negara ASEAN
Vietnam juga menerapkan pembatasan ketat selama dua pekan, hal yang sama terjadi di beberapa negara ASEAN, yaitu Thailand, Malaysia dan Indonesia
Varian Delta Merebak Warga California Kembali Diminta Pakai Masker
Covid-19 varian Delta kembali merebak di Negara Bagian California, AS, warga diminta kembali pakai masker
Varian Delta Kendala Bagi Sertifikat Covid-19 Digital Uni Eropa
Sertifikat Covid-19 digital dirancang untuk meningkatkan sektor pariwisata musim panas di Uni Eropa, penyebaran varian jadi kendala
0
Dokter: Satu Virus Varian Delta Bisa Tularkan Hingga 8 Orang
Gatut menyarankan agar masyarakat selalu menjaga kebersihan, seperti mencuci tangan dengan sabun. Hal itu dinilai lebih baik.