Indonesia
Doctor Strange, dari Penggemar Jadi Sutradara
Scott Derrickson, adalah sutradara film Doctor Strange (2016) yang juga penggemar berat komiknya.
Benedict Cummberbatch dan Scott Derrickson dalam sesi tanya jawab film Doctor Strange. (Foto: Facebook/Doctor Strange)

Jakarta - Satu dari film super hero bagian dari seri The Avenger yang sukses adalah Doctor Strange (2016). Tapi tahukah anda jika sang sutradara, Scott Derrickson, adalah penggemar berat komik Doctor Strange?

Sebelum menyutradarai Doctor Strange, Derrickson membuat beberapa film yang tidak begitu bergaung. Hanya filmnya The Day the Earth Stood Still (2008) yang dibintangi Keanu Reeves, lumayan laku tapi penuh kritik. Di Hollywood kalau cuma menjual film yang lumayan-lumayan, namanya akan tenggelam kurang dari 5 tahun.

Derrickson harus memutar otak untuk bisa bertahan di belantara Hollywood. Kebetulan pihak Marvel sedang berencana membuat spin off (penggalan) dari mega proyek The Avenger, Doctor Strange.

Untuk meyakinkan, Sutradara yang mahir menulis skenario itu datang dengan konsep video lengkap ke studio. Kebetulan dia adalah penggemar berat tokoh komik Doctor Strange. Konsep dia adalah sebuah film superhero yang mendekati gaya gelap Alex Proyas, kreativitas Inception (2010) Christopher Nolan, dan jeniusnya Stanley Kubrick.

Konsep Derrickson menceritakan tentang Dr. Stephen Strange (Benedict Cumberbatch) yang seorang dokter ahli bedah sukses tapi arogan. Lalu karirnya hancur setelah kecelakaan mobil. Ketika putus asa, ia bertemu penyihir wanita, The Ancient One (Tilda Swinton) dan melatihnya. Strange mendapat kekuatan dari jimatnya yaitu The Sorcerer Supreme, yang memberi kemampuan menjadi perantara antara dimensi manusia dan dimensi lain. Dengan kekuatan tersebut dia harus menghadapi lawan tangguh tapi punya niat jahat.

Pihak Marvel tertarik dengan imajinasi Scott Derrickson dan memberinya kesempatan untuk membesut sosok idolanya itu.

Tujuh Setengah

Doctor Strange garapan Scott Derrickson hasilnya luar biasa. Dengan budget US$ 165 juta, film ini mengumpulkan US$ 232 juta di peredaran domestik dan total US$ 678 juta di seluruh dunia.

Kritikus juga bersikap positif dengan film ini. Situs film terkemuka Internet Movie Data Base memberi nilai 7.5. Begitu juga Rotten Tomatoes dan Metascore juga memberi tujuh keatas. Sebuah nilai yang bagus untuk film fiksi ilmiah.

Jadi jika Anda punya imajinasi tentang tokoh superhero idola, tidak ada salahnya untuk bermimpi mewujudkannya, karena kita tidak pernah tahu kapan kesempatan itu akan datang. []

Berita terkait
0
Video: Puluhan Ikan Hiu di Tepi Pantai Nusa Dua, Bali
Puluhan ekor ikan hiu karang mendekati garis Pantai Nusa Dua, Bali, Kejadian tersebut menarik perhatian wisatawan mancanegara yang ada di lokasi.