UNTUK INDONESIA
Dinas Peternakan Gowa Rilis Harga Hewan Kurban
Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Gowa merilis harga sapi kurban jelang lebaran Idul Adha 1440 Hijriah. Berikut harga sapi yang paling mahal di Gowa.
Sejumlah hewan kurban di Gowa yang siap dijual. (Foto: Tagar/Afrilian Cahaya Putri)

Gowa - Pasca melakukan pengecekan hewan Kurban disejumlah wilayah di Gowa, Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Gowa merilis harga sapi kurban jelang lebaran Idul Adha 1440 Hijriah. Sapi yang termahal seharga Rp 15 juta.

Kepala Bidang (Kabid) Produksi dan Penyebaran Ternak Dinas Peternakan dan Perkebunan kabupaten Gowa, M Chaerul Azwar menyebutkan, jika berdasarkan beratnya sapi kurban dengan berat terkecil dari 60 hingga 64 kilogram di jual dengan harga Rp 11 Juta hingga Rp 12 Juta.

Sementara untuk berat terbesar hingga 100 kilogram daging di jual seharga Rp 15 juta.

Lanjutnya, untuk sapi Kurban berdasarkan bobot hidup rata-rata di jual seharga Rp 62.300 per kilogramnya dan harga daging sapi kurban rata-rata  Rp 166.200 perkilogram.

"Untuk harga normal di luar Idul Adha sekitar Rp 44.200 per kilogram kalau sapi hidup, sedangkan harga daging sapi sehari-hari itu ada di kisaran Rp 100.000 sampai Rp 120.000 perkilogram. Sementara untuk harga kambing kurban antara Rp 1,5 juta sampai Rp  2,5 juta tergantung besarnya," rinci Cherul.

Setelah Dinas Peternakan dan Perkebunan kabupaten Gowa melakukan pemeriksaan ternak jelang Idul Adha, dikatakan Chaerul, semua ternak di Gowa layak di kurbankan.

"Semua sapi kurban asal Gowa wajib melalui pemeriksaan Kesehatan Hewan (Keswan). Setelah di periksa diberi surat keterangan hasil pemeriksaan Keswan. Setiap ekor dikenakan karcis retribusi pajak daerah Rp 5.000 per ekor," jelasnya.

Lanjutnya setelah pemotongan atau post mortem akan kembali dilakukan pemeriksaan. "Biasanya dilakukan secara acak untuk mengetahui kondisi daging dan jeroan apakah bebas parasit atau tidak. Kadang kala ditemukan parasit berupa cacing pada organ seperti hati. Dan disarankan agar organ yg terinfeksi di buang," ungkapnya.

Sementara untuk jumlah hewan sapi Kurban di Kabupaten Gowa tahun 2019 ini sebanyak 6.577 ekor sapi dan 630 ekor kambing. Dengan jumlah tersebut, tahun ini hewan kurban di Gowa mengalami peningkatan sekitar 700 ekor. []

Artikel terkait

Berita terkait
0
Cerita Ketua LBH Dituduh Komunis-Radikalis-Separatis
Ketua LBH Jakarta Arif Maulana dituduh komunis, separatis, radikalis, bahkan antek asing. Menurutnya banyak sekali label, tuduhan, dan fitnah LBH.