Jakarta - Maskapai Citilink Indonesia menurunkan harga tiket penerbangan ke sejumlah daerah di Indonesia. Hal itu menyusul dikeluarkannya kebijakan dari pemerintah terkait penyesuaian harga tiket pesawat Low Cost Carrier (LCC) sebesar 50% dari Tarif Batas Atas (TBA). Kebijakan itu diberlakukan mulai Kamis, 11 Juli 2019.

Penurunan harga tiket, diberlakukan terhadap 62 penerbangan dengan rute tertentu, pada jadwal penerbangan setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 10.00 - 14.00 waktu setempat.

Beberapa rute yang mengalami penyesuaian harga tiket adalah

Jakarta – Medan pulang-pergi (PP)

Jakarta – Yogyakarta (PP)

Jakarta – Denpasar (PP)

Jakarta – Solo (PP)

Jakarta – Malang (PP)

Jakarta – Pangkal Pinang (PP)

Makassar – Surabaya (PP)

Balikpapan – Denpasar (PP)

Surabaya – Banjarmasin (PP)

Batam – Pekanbaru (PP)

Jakarta – Bengkulu

Kertajati – Pekanbaru

Medan – Yogyakarta, dan lain-lain.

Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengatakan bahwa perusahaannya bakal memastikan implementasi kebijakan tersebut berjalan dengan lancar, tanpa mengurangi kualitas pelayanan.

"Penyesuaian harga tiket ini sejalan dengan komitmen Citilink Indonesia dalam menyediakan penerbangan dengan harga terjangkau bagi masyarakat," kata dia melalui keterangan tertulis, pada Kamis, 11 Juli 2019.

"Walaupun ada penyesuaian harga tiket, kami tetap berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik sebagai premium LCC kepada seluruh pelanggan," ujarnya.

Selasa, Kamis, dan Sabtu

Diketahui sebelumnya, Pemerintah mengeluarkan kebijakan pemberian diskon tarif sebesar 50 persen pada penerbangan maskapai berbiaya rendah (LCC). Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan pelaksanaan waktu tersebut telah disepakati oleh para pemangku kepentingan melalui rapat koordinasi pada Senin, 8 Juli 2019 lalu.

Skema pemberian diskon hanya dibatasi untuk penerbangan hari Selasa, Kamis, dan Sabtu pada pukul 10.00 hingga 14.00, waktu setempat. Langkah tersebut, diakui Susiwijono ditempuh pemerintah demi memastikan bahwa masyarakat akan mendapatakan tarif tiket yang terjangkau.

"Pemerintah komitmen menyediakan penerbangan murah di jadwal tertentu untuk penerbangan LCC domestik," ujarnya, dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin, 8 juli 2019.

Baca juga: