UNTUK INDONESIA
Deretan Nama Paling Santer Jadi Menteri Jokowi
Sederet nama digadang-gadang bakal duduk di kursi menteri kabinet Kerja Jokowi jilid dua.
Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri Kabinet Kerja dan tokoh agama saat menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Gedung Pancasila, Komplek Kementerian Luar Negeri, Jakarta pada Sabtu 1 Juni 2019. (Foto: Bayu Prasetyo)

Jakarta - Keputusan pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 belum diputuskan, lantaran masih dalam sengketa dan masuk ke meja persidangan Mahkamah Konstitusi (MK). Kendati demikian, beberapa nama kian santer disebut bakal diangkat menteri oleh capres petahana Joko Widodo (Jokowi).

Berikut Tagar rangkumkan sederet nama yang digadang-gadang bakal duduk di kursi menteri kabinet Kerja jilid dua.

Sandiaga UnoCalon wakil presiden Sandiaga Uno. (Foto: Twitter/@sandiuno)

1. Sandiaga Uno

Nama yang satu ini cukup menyita perhatian masyarakat karena diketahui, Sandiaga Uno merupakan cawapres lawan Jokowi pada pemilihan presiden 17 April 2019 yang lalu.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane mengaku memiliki informasi valid terkait keputusan kubu Jokowi-Ma'ruf Amin menghadiahi kursi menteri kepada Sandiaga, demi berlangsungnya proses rekonsiliasi politik paska pilpres.

"Kita dapat informasi A1, sebagai rekonsiliasi itu cawapres 02 akan masuk ke kabinet 01," ucap dia dalam wawancara khusus dengan Tagar, Minggu 16 Juni 2019 kemarin.

Adian NapitupuluAdian Napitupulu. (Foto: Trans TV)

2. Adian Napitupulu

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyinggung nama Adian Napitupulu saat bicara soal kursi menteri. Menurut dia, hingga saat ini belum ada mantan aktivis 1998 yang duduk dalam kabinet pembantu presiden.

Berkaitan dengan aktivis 1998, ini adalah pelaku sejarah, memang sebagian besar sudah ada yang menjabat bupati, DPR, wali kota atau jabatan lain tapi saya juga mendengar ada yang belum. Saya lihat menteri belum.

"Saya tidak ingin menyebut nama dulu, tapi banyak yang mendukung Adian, bung Adian," kata Jokowi pada acara halal bihalal dengan Aktivis 1998 di Jakarta, Minggu, 16 Juni 2019.

Bahlil LahadaliaKetua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bahlil Lahadalia. (Foto: Instagram/bahlillahadalia)

3. Bahlil Lahadalia

Sewaktu berpidato pada acara Silaturahim Nasional dan Buka Puasa Bersama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), capres nomor urut 01 Joko Widodo pernah menyebut nama Ketua Umum HIPMI Bahlil Lahadalia sebagai sosok yang cocok untuk duduk sebagai menteri.

"Saya lihat dari samping, saya lihat dari bawah ke atas, cocok ini kelihatannya," kata Jokowi di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Minggu, 25 Mei 2019.

Jokowi sama sekali tidak menyinggung soal posisi menteri apa yang dinilai cocok untuk diduduki Bahlil. Namun dia meminta kepada anggota HIPMI yang hadir untuk tidak kaget jika kelak ketua mereka benar-benar dipilih sebagai menteri di kabinet yang dibentuknya.

"Jadi kalau nanti beliau ini terpilih ya enggak usah kaget," kata Jokowi.

Mahfud MDMantan Ketua MK Mahfud MD, melayani pertanyaan awak media usai bertemu dengan sejumlah tokoh di kediaman BJ Habibie, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu 1 Mei 2019. (Foto: Tagar/Eno Suratno Wongsodimedjo)

4. Mahfud MD

Pada awal Mei 2019, beredar daftar berisi nama-nama tokoh yang disebut masuk sebagai menteri di kabinet kerja jilid dua. Salah satu dari nama tersebut adalah Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.

Kendarti demikian, Mahfud justru membantah terkait kabar tersebut. Kepada Tagar, dia mengaku belum ada pembicaraan apa pun terkait hal itu.

"Belum, belum ke sana," kata Mahfud usai pertemuan sejumlah tokoh Gerakan Suluh Kebangsaan dengan Presiden ketiga RI BJ Habibie, di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 1 Mei 2019.

"Enggak mungkin ada itu. Tidak mungkin," ujarnya.

AhokMantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (Foto: Fajar.co.id)

5. Basuki Tjahaja Purnama

Nama mantan Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias BTP masuk dalam daftar calon menteri kabinet pemerintahan Jokowi jilid dua versi usulan publik. BTP masuk bersama deretan nama lain semisal Agus Harimurti Yudhoyono dan Teten Masduki sebagai calon Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Selain BTP, AHY, dan Teten, sejumlah nama lain juga masuk dalam daftar yang berisi nama-nama calon menteri usulan publik tersebut. Usulan publik terkait nama nama calon menteri, dikumpulkan dalam sebuah kanal surat elektronik dengan alamat [email protected].

Baca juga:

Berita terkait
0
Kisah Gadis Manis Pinrang Putus Sekolah Jadi Kuli
Seorang gadis cantik asal Pinrang rela bekerja sebagai kuli pasir untuk membantu ekonomi keluarganya. Begini kisahnya.