Dear Milenial, Ini Istilah dan Kamus Saham Zaman Now

Selain itu, perkembangan teknologi yang semakin maju juga membuat investasi semakin mudah dilakukan kapan pun dan di mana pun.
Ilustrasi investasi saham (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Berinvestasi memang memberikan banyak keuntungan yang menggiurkan. Banyaknya jenis instrumen investasi juga sangat memudahkan kamu dalam berinvestasi di instrumen yang sesuai dengan karakteristik dirimu.

Selain itu, perkembangan teknologi yang semakin maju juga membuat investasi semakin mudah dilakukan kapan pun dan di mana pun. Bahkan sekarang ini, kamu bisa berinvestasi hanya dengan modal Rp100.000 saja.

Oleh sebab itu, investasi kini banyak diminati banyak kalangan, terutama para generasi milenial. Salah satu jenis investasi yang paling banyak peminatnya adalah saham. Bahkan sekarang ini, sudah banyak istilah dalam saham yang harus menjadi pengetahuan dasar sebelum kamu terjun ke dalam investasi saham.

Berikut ini adalah istilah atau kamus saham zaman now yang harus kamu ketahui.


1. Cuan

Cuan dapat diartikan sebagai keuntungan yang didapat dalam investasi. Artinya, kamu bisa menjual saham di atas harga beli sebelumnya. Biasanya para investor menyebutnya dengan take profit.


2. Boncos

Boncos merupakan antonim dari cuan. Jika cuan adalah keuntungan, boncos merupakan kerugian. Artinya, kamu harus menjual saham di bawah harga beli, biasanya hal ini disebut dengan cut loss.


3. Blue Chip

Saham blue chip atau saham lapis merupakan salah satu jenis saham dari perusahaan besar dengan kinerja yang baik. Biasanya perusahaan tersebut pendapatannya cenderung stabil dan naik, serta rutin membagikan dividen kepada para pemegang saham.


4. Bandar

Bandar dapat dikatakan sebagai sultan di dunia nyata. Bandar biasanya seorang investor yang mempunyai modal besar dan mampu mempengaruhi pergerakan harga di suatu saham.


5. Saham Gorengan

Saham gorengan adalah saham yang mengalami kenaikan signifikan tidak wajar karena adanya rekayasa pelaku pasar atau bandar saham untuk mendapatkan keuntungan. Mengapa disebut gorengan? Hal ini karena sifat gorengan yang enak dan renyah saat masih panas atau hangat, lalu akan melempem atau alot ketika sudah dingin.


6. Saham Gocap

Bisa dikatakan saham gocap adalah saham dengan harga Rp50 per lembar saham atau batas paling bawah harga saham yang ditransaksikan di Bursa Efek Indonesia


7. Hajar Kanan

Karena kolom offer selalu terdapat di kolom kanan, istilah ini sering digunakan terhadap tindakan investor yang memasang order beli dengan harga tertinggi di kolom offer.


8. Hajar Kiri

Berbeda dengan hajar kanan, hajar kiri dapat diartikan sebagai tindakan investor yang memasang order jual saham dengan harga rendah di kolom bid.


9. Nyangkut

Hal ini diibaratkam seorang invetsor yang membeli atau mengoleksi saham pada harga yang lebih tinggi dari harga sekarang . Pilihannya adalah antara hold, average down, ataupun cut loss.


10. Market Rebahan

Biasanya terjadi karena pergerakan saham yang naik-turun dalam rentang yang terbatas. Serta saat volume perdagangan bursa cenderung rendah.


11. Market Reli

Biasanya disertai kenaikan volume perdagangan bursa dan harga saham cenderung melaju terus, baik turun maupun naik.


12. Serok Bawah

Serok bawah dapat diartikan sebagai tindakan investor membeli saham dengan harga yang sudah dianggap mencapai dasar atau tingkat terendah.

Itulah tadi istilah atau kamus saham zaman now yang harus kamu ketahui. Tentunya istilah tersebut sangat berpengaruh apabila kamu sudah terjun ke dalam dunia investasi saham. Hal ini agar kamu tidak kebingungan dan salah pengertian terhadap istilah yang ada.[]


(Rafi Fairuz)

Berita terkait
Cara Berinvestasi dengan Membeli Saham di IPOTGO
Aplikasi Ipotgo bisa dipasang dalam komputer maupun smartphone dan platform ini sangat memudahkan para investor untuk berinvestasi.
5 Cara Cerdas dan Menyenangkan Investasi Saham
Untuk memulainya, cobalah berinvestasi di perusahaan yang kamu kenal baik. Bisa saja perusahaan yang produknya kamu beli.
Masih Belajar? Ini Tips Berinvestasi Reksa Dana Saham
Kamu tidak perlu takut berinvestasi di instrumen reksa dana ini. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk dapat membantumu memulainya.
0
Dear Milenial, Ini Istilah dan Kamus Saham Zaman Now
Selain itu, perkembangan teknologi yang semakin maju juga membuat investasi semakin mudah dilakukan kapan pun dan di mana pun.