Jakarta - Bek Matthijs de Ligt masih menjadi teka-teki, apakah pindah ke Manchester United atau memilih bergabung dengan Barcelona. Sebelumnya, Barca tak melanjutkan negosiasi dengan kapten Ajax ini. Dalam perkembangannya, De Ligt disebut-sebut menerima keputusan Barca. 

Man United kian dekat dengan De Ligt karena bersedia memberikan gaji tinggi kepada sang pemain. Untuk pemain anyar potensial seperti De Ligt, Man United tak keberatan memberi gaji sampai empat miliar rupiah setiap pekan. Padahal The Red Devils biasanya hanya memberikan gaji di bawah 100 ribu poundsterling atau Rp 1,8 miliar setiap pekan untuk pemain muda yang baru bergabung. 

Terakhir, Man United sudah mengajukan harga 70 juta poundsterling atau Rp 1,2 triliun untuk transfer De Ligt. Namun Man United tak yakin bisa memboyong pemain berusia 19 ini. Pasalnya, De Ligt lebih tertarik bermain di Barca. 

Barca jelas merupakan raksasa La Liga Spanyol dan rutin berkompetisi di Liga Champions, Bandingkan dengan Man United yang pencapaiannya tak pernah stabil sejak ditinggalkan manajer Sir Alex Ferguson. 

Sempat melepas De Ligt, Barca kabarnya kembali menerima pemain tersebut. Pasalnya, De Ligt masih mempertimbangkan menerima tawaran Barca meski memberikan gaji yang lebih rendah. 

Barca justru memperhitungkan Manchester City ketimbang Man United dalam perebutan De Ligt. City menjadi pesaing Barca karena klub yang kian berkembang. Mereka meraih sukses di Liga Premier Inggris dan rutin bermain di Liga Champions. 

City membutuhkan bek tengah setelah ditinggalkan Vincent Kompany. Saat ini, The Citizens membidik bek Leicester City Harry Maguire yang juga menjadi target Man United. Namun City siap melepas Maguire bila sukses memboyong De Ligt. 

De Ligt sendiri belum memberi jawaban ke klub mana dirinya akan bergabung. Dia justru fokus di tim nasional Belanda yang akan berlaga di Liga Nasional (Nations League). 

"Saya belum tahu bagaimana masa depan saya. Untuk saat ini, saya fokus di timnas karena akan tampil di dua pertandingan. Selanjutnya, kta lihat saja apa yang terjadi," ujar De Ligt. []

Baca juga: