Dave Grohl Tanggapi Gugatan Sosok Bayi pada Cover Album

Dave Grohl akhirnya buka suara terkait sosok bayi pada cover album Nevermind, album yang dirilis pada tahun 1991 dan merupakan album tersukses.
Dave Grohl. (Foto: Tagar/GettyImages/StephenLovekin)

Jakarta - Genap 30 tahun telah berlalu sejak perilisan salah satu album paling ikonik sepanjang sejarah di tahun 1991, yaitu ‘Nevermind’. Sempat hangat dibicarakan lantaran sosok yang nampak di sampul album tersebut melayangkan ‘gugatan’, sang mantan drummer, Dave Grohl, akhirnya buka suara.

Album yang dirilis pada tahun 1991 ini adalah salah satu album tersukses dari band grunge asal Seattle, Amerika Serikat, Nirvana. Band ini digawangi Kurt Cobain pada vokal, Krist Novoselic pada bass, serta Dave Grohl pada drum.


Saya punya banyak ide tentang bagaimana kita harus mengubah sampul itu.


Selain lagu-lagu yang meledak di pasaran, sampul album ini juga mencuri perhatian pada zamannya. Pada sampul album terdapat potret seorang bayi dalam air yang terlihat seolah mengejar uang dollar di depannya. Kabarnya, sampul album ini menggambarkan ‘seorang pekerja seks yang mengejar pundi-pundi uang’.

Selang 30 tahun kemudiam, tepatnya pada Agustus 2021, bayi pada sampul album tersebut, Spencer Elden, mengajukan gugatan ke band Nirvana dengan tuntutan Undang-Undang tentang pornografi anak dan mengeksploitasinya secara seksual.

Elden merasa dirugikan karena alat kelaminnya tidak ditutup pada sampul album yang mengakibatkan kerugian selama hidupnya. Karena sampul album ini, identitas dan nama asli Spencer terekspos ke publik.

Sementara itu, ditempat yang berbeda Dave Grohl menanggapi dengan santai gugatan tersebut. "Saya pikir ada lebih banyak hal yang lebih penting yang bisa dipikirkan dalam hidup, daripada terjebak dalam hal-hal semacam itu (gugatan soal album Nevermind),” kata Dave Grohl pada The Sunday Times, Minggu, 3 Oktober 2021.

Bahkan Dave memang berencana melakukan perubahan pada sampul album, jika memang ada perilisan ulang album Nevermind untuk memperingati 30 tahun perilisan album tersebut.

"Saya punya banyak ide tentang bagaimana kita harus mengubah sampul itu," kata Dave Grohl.

(Risma Perdana Izzati)

Berita terkait
Pemerintah Izinkan Konser Musik Asalkan Memenuhi Prokes
Pemerintah mengizinkan penyelenggaraan kegiatan berskala besar seperti resepsi pernikahan, hingga konser musik dengan memenuhi prokes ketat.
Jennifer Lopez yang Sukses di Bidang Musik dan Tari
Sebelum memulai karirnya di bidang musik, debut Jennifer Lopez pada usia 16 tahun dimulai dalam film My Little Girl (1986)
5 Manfaat Mendengarkan Musik Klasik
Meski menjadi genre musik tertua, reputasi dan eksklusifitas musik klasik justru seakan tak lekang oleh waktu. Berikut manfaatnya bagi kesehatan.
0
Dave Grohl Tanggapi Gugatan Sosok Bayi pada Cover Album
Dave Grohl akhirnya buka suara terkait sosok bayi pada cover album Nevermind, album yang dirilis pada tahun 1991 dan merupakan album tersukses.