UNTUK INDONESIA
Daop 3 Batalkan Sejumlah Perjalanan KA Argo Cheribon
Mulai Minggu, 22 Maret 2020 ada pembatalan satu perjalanan KA Argo Cheribon dan Senin, 23 Maret - Selasa, 31 Maret 2020 ada pembatalan 8 perjalanan
Petugas sedang melakukan penyemprotan cairan disinfektan di dalam kereta api. (Foto: Tagar/Humas KAI Daop 3 Cirebon).

Cirebon - PT Kereta Api Indonesia (Persero) terhitung mulai hari Minggu, 22 Maret 2020, menyesuaikan dan pembatalan perjalanan kereta api (KA) khususnya untuk KA Argo Cheribon.

Kebijakan ini diambil untuk mendukung kebijakan social distancing yang diterapkan pemerintah dimana masyarakat diminta mengurangi mobilitasnya guna menekan penyebaran SARS-COV-2 (Covid-19).

Manager Humasda PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif, mengatakan pada Minggu, 22 Maret 2020, akan ada pembatalan satu perjalanan KA Argo Cheribon, dan pada hari Senin, 23 Maret sampai dengan Selasa, 31 Maret 2020 akan ada pembatalan sebanyak 8 perjalanan KA Argo Cheribon. "Dengan penyesuaian perjalanan KA Argo Cheribon tersebut, masyarakat tetap bisa memanfaatkan perjalanan KA Argo Cheribon lainnya yang masih tersedia,"kata Luqman, Minggu, 22 Maret 2020, di Kota Cirebon, Jawa Barat.

Meski ada penyesuaian dan pembatalan sejumlah perjalanan KA Argo Cheribon, namun, lanjut Luqman, masih ada 10 perjalanan KA Argo Cheribon yang beroperasi dari normalnya sebanyak 18 perjalanan tiap hari.

Adapun jadwal perjalanan KA Argo Cheribon yang masih beroperasi diantaranya:

1. Keberangkatan Stasiun Cirebon Tujuan Gambir:

a. KA 15 Argo Cheribon berangkat Stasiun Cirebon 06.15 WIB

b. KA 23 Argo Cheribon berangkat Stasiun Cirebon 08.35 WIB

c. KA 27 Argo Cheribon berangkat Stasiun Cirebon 14.15 WIB

d. KA 17 Argo Cheribon berangkat Stasiun Cirebon 16.47 WIB

e. KA 25 Argo Cheribon berangkat Stasiun Cirebon 17.30 WIB

2. Keberangkatan Stasiun Gambir Tujuan Cirebon:

a. KA 16 Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir 10.00 WIB

b. KA 24 Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir 12.20 WIB

c. KA 30 Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir 18.10 WIB

d. KA 18 Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir 20.40 WIB

e. KA 26 Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir 21.10 WIB

Luqman menegaskan bahwa penyesuaian perjalanan KA Argo Cheribon tersebut bersifat sementara mengikuti kondisi perkembangan status waspada mewabahnya virus SARS-CoV-2 di Indonesia. PT KAI juga menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan KA atas dibatalkannya beberapa perjalanan KA Argo Cheribon tersebut. "Semoga kondisi pandemi ini segera membaik, dan perjalanan serta pelayanan KA akan kembali seperti sedia kala," tuturnya.

Bagi para penumpang KA yang sudah melakukan pemesanan tiket pada KA Argo Cheribon yang dilakukan pembatalan tersebut, akan dilakukan konfirmasi oleh pihak PT KAI melalui nomor telepon penumpang yang tertera pada saat pemesanan.

“Kami akan mengembalikan biaya sebesar 100 persen kepada para penumpang KA yang sudah melakukan pemesanan, serta akan menginformasikan untuk melakukan perjalanan pada KA lain yang masih beroperasi, jika berkenan,” tutur Luqman. []

Berita terkait
Rail Clinic dan Kereta Inspeksi Antisipasi Corona
PT KAI mengoperasikan rail clinic dan kereta inspeksi untuk mengantisipasi virus Corona
Siaga Corona, Kereta Api Kesehatan Keliling Jawa
Kereta api kesehatan atau rail clinic keliling Jawa untuk membantu pencegahan penyebaran virus corona. Stasiun mana saja?
0
Kata PKS, Presiden Jokowi Lemah dan Plin Plan
Pemerintahan Jokowi periode dua ini masih saja seperti dulu. Lemah dan plin plan. Terlihat saat wabah Covid-19 melanda negara ini. Kata orang PKS.