UNTUK INDONESIA
Daftar Gawai Apple yang Dapat iOS 14 Versi Final
Apple merilis iOS 14 versi terakhir untuk berbagai perangkatnya. Kini, iOS 14 telah tersedia dan sudah dapat diunduh.
Tampilan iOS 14. (Foto: Antara/apple.com)

Jakarta - Apple merilis iOS 14 versi terakhir untuk berbagai perangkatnya. Kini, iOS 14 telah tersedia dan sudah dapat diunduh. Dalam pengumuman Apple, Rabu (16/9/2020), CEO Apple, Tim Cook mengatakan iOS 14 adalah rilis yang mengubah pengalaman inti di iPhone. 

"Dengan desain baru widget pada Home Screen, cara baru untuk mengarur aplikasi dengan App Library, dan cara baru dan bahkan lebih cepat untuk menggunakan aplikasi pada saat dibutuhkan dengan App Clips," ujar Cook, seperti dikutip dari Antara, Kamis, 17 September 2020

Berikut gawai Apple yang mendapat iOS 14 versi terakhir, yaitu iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone XS dan XS Max, iPhone X dan XR, iPhone 8 dan 8 Plus, iPhone 7 dan 7 Plus, iPhone 6S dan 6S Plus, iPhone SE (generasi pertama), iPhone SE (generasi kedua) dan iPod touch (generasi ke-7).

Apple juga resmi merilis iPadOS 14. Salah satu fitur terbaru adalah "Scribble," yang memungkinkan tulisan tangan ditransformasi ke teks digital. 

Ada pula fitur yang membawa tampilan baru untuk pencarian dan sejumlah aplikasi memiliki desain baru, seperti sidebar dan menu yang diperluas. 

"iPadOS 14 memungkinkan Anda berbuat banyak hal dengan Apple Pencil, menghadirkan banyak peningkatan untuk aplikasi iPad, dan bahkan membawa pengalaman iPad lebih jauh," kata Cook. 

Selain fitur yang disebutkan di atas, versi final dari kedua platform juga membawa sejumlah pembaruan. Aplikasi Pesan kini menampilkan fitur "mention," in-line replay dan pin percakapakan. 

Siri kini memiliki desain baru yang lebih ringkas, Maps menambahkan petunjuk arah bersepeda, rute kendaraan listrik dan panduan yang dikurasi. 

Kemudian, Safari kini dapat menerjemahkan halaman, memantau kata sandi yang disimpan pengguna dan menampilkan pelacak di situs web. 

Tidak hanya itu, watchOS 7 kini juga tersedia, menghadirkan pelacakan tidur, tampilan jam baru, aplikasi Memoji dan cara bagi keluarga untuk mengelola banyak Apple Watch dari satu iPhone. 

Terakhir, Apple juga merilis tvOS 14 dengan sejumlah fitur terbaru, di antaranya dukungan multipengguna untuk game dan kemampuan untuk menampilkan lirik di Apple Music.[]

Berita terkait
Saham Apple dan Tesla Meroket Pasca Stock Split
Saham Apple dan Tesla melonjaak lagi pada perdagangan Senin, 31 Agustus setelah stock split saham mulai berlaku.
4 Cara Daftar IMEI Ponsel yang Dibeli dari Luar Negeri
Pemerintah telah menerapkan aturan IMEI sejak April lalu untuk mencegah peredaran ponsel ilegal atau black market.
Pemerintah Suntik Mati Ponsel Black Market
Pemerintah menyatakan mulai 15 September 2020 secara resmi menyuntik mati atau memblokir sejumlah ponsel black market atau ilegal.
0
Gawat, 2 Juta Anak Indonesia Derita Berat Badan Rendah
Sekitar dua juta anak Indonesia menderita wasting parah atau berat badan rendah untuk tinggi badan, ciri-cirinya memiliki kekebalan yang lemah.