Curug Leuwi Hejo, Wisata Air Sebening Kaca

Curug Leuwi Hejo terkenal dengan kejernihan airnya yang berwarna biru kehijauan. Air yang mengalir ke curug ini berasal dari Sungai Cilengsi.
Curug Leuwi Hejo, Wisata Air Sebening Kaca. (Foto: Tagar/Flickr)

TAGAR.id, Jakarta - Curug Leuwi Hejo merupakan salah satu objek wisata air yang berada di kawasan Gunung Cipancar, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Curug Leuwi Hejo berada satu kawasan dengan beberapa curug lainnya seperti Curug Barong, Curug Putri Kencana, dan Leuwi Lieuk. Karena rutenya yang berada dalam satu jalur yang sama,

Anda bisa menjelajahi curug manapun yang ingin Anda kunjungi. Meskipun begitu, posisi Curug Leuwi Hejo yang berada paling depan membuat kemanapun tujuan Anda, maka akan melewati curug Leuwi Hejo terlebih dahulu.

Tracking Curug Leuwi Hejo

Anda tidak perlu khawatir apabila merasa lapar selama perjalanan menuju curug yang Anda tuju. Pasalnya, terdapat berbagai warung makan di sepanjang perjalanan tracking naik ke curug berikutnya. Sehingga Anda bisa berhenti sejenak ketika haus dan lapar menyerang di pertengahan jalan.

Anda juga tidak perlu khawatir tersesat karena terdapat tanda atau petunjuk jalan yang disediakan di sepanjang jalan, bahkan di jalan kecil sekalipun.

Ragam wisata di Curug Leuwi Hejo

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu menceburkan diri ke dalam airnya yang berwarna hijau dan sangat jernih itu.

Namun, harus berhati-hati karena Curug Leuwi Hejo memiliki kedalaman yang beragam, bahkan di bagian tertentu kedalamannya mencapai 2 hingga 3 meter. Curug Leuwi Hejo memang tak terlalu tinggi, namun aliran airnya cukup deras juga jernih.

Anda juga bisa melakukan body jumping atau terjun dari tebing yang ada di sekitarnya. Tentunya, Anda juga harus berhati-hati ketika melakukannya.

Pemandangan di sekitar Curug Leuwi Hejo yang begitu asri dan menyejukkan ditambah dengan suara air yang mengalir, dapat memberikan kesan yang menenangkan jiwa Anda yang Lelah dengan hiruk pikuk kehidupan. Anda juga bisa berfoto-foto untuk mengabadikan momen ada selama berada di Curug Leuwi Hejo.

Rute menuju Curug Leuwi Hejo

Rute menuju Curug Leuwi Hejo dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jika Anda menggunakan kendaraan roda empat atau mobil, Anda bisa melewati Tol Jagorawi kemudian keluar di Sentul City atau Selatan. Setelah keluar dari Tol, terus lurus hingga melewati Sentul City kemudian Jungle Land.

Saat tiba di gerbang masuk Jungle Land, belok kanan masuk ke arah perkampungan Karang Tengah. Setelah mendapati pertigaan belok kiri, mulailah fokus mencari petunjuk Curug Leuwi Hejo.

Jika anda menggunakan motor dari arah Jakarta, Anda bisa menggunakan jalur Jl. Raya Bogor sampai dengan Prapatan Nanggewer, setelah itu belok kiri ke arah Alternatif Sentul.

Setelah itu terus lurus menemukan Sirkuit Sentul lalu belok kanan ke arah Babakan Madang. Kemudian lurus terus ke jalan yang mengecil melewati samping SICC.

Setelah Anda keluar dari SICC, belok kiri lalu lurus melewati Sentul City hingga menuju Jungle Land. Saat berada di gerbang masuk Jungle Land belok kanan menuju arah perkampungan Karang Tengah. Belok kiri di pertigaan jalan hingga bertemu dengan tulisan Curug Leuwi Hejo.

(Aldila Daradinanti)

Berita terkait
Menko Luhut Tinjau Perkembangan Sejumlah Infrastruktur Penunjang Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan pada Selasa, 19 Juli 2022 melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sumatra Utara meninjau infrastruktur.
Pelaku Wisata di Sabang Ungkapkan Faktor Penghambat Pariwisata
Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc MA, menggelar pertemuan dengan pelaku wisata di Sabang, Sabtu 16 Juli 2022.
Pembangunan Taman Wisata Sejarah Salatiga Butuh DED dan ‘Master Plan’
Anggota Komisi X DPR RI Sodik Mujahid menyatakan, dirinya mengaku terkejut saat mengunjungi Taman Wisata Sejarah di Kota Salatiga.