UNTUK INDONESIA
Cukai Naik, DPR: Peredaran Rokok Ilegal Meningkat
Peredaran lokol ilegal akan makin marak bila cukai hasil tembakau (CHT) nasional mengalami kenaikan.
Ilustrasi rokok. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Anggota Komisi VI DPR Fraksi PKS, Amin Ak menilai, peredaran lokol ilegal akan makin marak bila cukai hasil tembakau (CHT) nasional mengalami kenaikan.

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan diketahui sedang merencanakan kenaikan cukai hasil tembakau pada 2021. Naiknya cukai diprediksi mencapai 17 hingga 18 persen.

"Kenaikan CHT berpotensi meningkatkan peredaran rokok ilegal," kata Amin lewat keterangan tertulisnya, Sabtu 24 Oktober 2020.

Dari situasi itu, kata Amin, penerimaan cukai dari produk hasil tembakau menjadi tidak dapat terserap secara maksimal.

Rokok IlegalIlustrasi rokok ilegal. (Foto: Tagar/Istimewa)

Baca juga:

Kenaikan CHT diprediksi terjadi karena adanya kenaikan target penerimaan cukai rokok sebesar Rp 7,86 triliun atau 4,8 persen, dimana target penerimaan cukai rokok tahun 2021 sebesar Rp 172,8 triliun.

Seperti diketahui, pemerintah telah meningkatkan CHT sebesar 23 persen pada awal Januari 2020, dengan dalih tak ada kenaikan CHT pada tahun 2019. Akibat kenaikan CHT pada awal tahun 2020 itu harga jual eceran rokok naik hingga 35 persen.

Pada Jumat 26 Juni 2020, disebutkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, penerimaan negara dari sektor industri rokok dan tembakau tumbuh 46 persen pada year to date (YTD) atau awal tahun.

Menurut Airlangga, sektor industri rokok dan tembakau tidak terlalu terdampak pandemi virus corona. "Masyarakat makin pusing, makin banyak yang merokok. Kita lihat juga dari pendapatan cukai dari rokok juga masih baik," ujar Airlangga saat webinar bersama Universitas Padjajaran Bandung kala itu.

Berita terkait
Minum Es Jeruk Usai Makan Seafood Turunkan Kolesterol?
Apakah minum es jeruk setelah makan seafood dapat menurunkan kadar kolesterol?
Merasakan Makanan Seperti Ini? Bisa Jadi Anda Positif Corona
Mereka yang menduga terinfeksi virus corona bisa mengujinya dengan mengetes indera pengecap saat merasakan makanan.
Anang Hermansyah Derita GERD, Hindari 3 Kebiasaan Ini
Anang Hermansyah operasi untuk mengatasi penyakit GERD atau asam lambung. Anda dapat mengantisipasinya dengan hilangkan 3 kebiasaan.
0
Cukai Naik, DPR: Peredaran Rokok Ilegal Meningkat
Peredaran lokol ilegal akan makin marak bila cukai hasil tembakau (CHT) nasional mengalami kenaikan.