Vokasi Kemdikbud

Cerita di Balik Kesuksesan ASUS Asal Taiwan

Awalnya ASUS didirikan oleh Ted Hsu, T.H Tung, M.T Liao, dan Wayne Tsiah April 1989. Mereka adalah teknisi yang sama-sama bekerja untuk Acer.
Logo Asus. (Foto:Tagar/Wikipedia)

Jakarta – Asustek Computer Inc atau yang di kenal sebagai ASUS dengan huruf capital, adalah sebuah perusahaan yang berasal dari negara Taiwan yang memproduksi berbagai komponen computer seperti, papan induk, kartu grafis, dan notebook. Pada akhir-akhir ini perusahaan yang didirikan sejak 2 April 1989 ini memproduksi PDA, Handphone, monitor LCD, tablet, dan masih banyak produk lainnya. 

Pesaing utamanya termasuk MSI dan Gigabyte. Berpusat di Distrik Beitou, Taipei, Taiwan, ASUS termasuk perusahaan “Public” yang telah terdaftar pada lantai Bursa Efek Taiwan dengan kode 2357 dan daftar sekunder di London Stock Exchange dengan kode ASKD.

Tak terasa usia ASUS sudah lebih dari 30 tahun saat ini. Nama ASUS semakin popular di dunia teknologi berkat sejumlah produk yang berhasil menjebol pasaran elektronik di dunia. Mulai dari latop, smartphone, tablet, hingga smart watch yang telah dirilisnya. Pasarpun menyambut produk ASUS dengan antusias berkat kualitas serta harga yang terjangkau yang menjadi andalannya.

Pada April 1989, perusahaan kecil ASUS didirikan oleh Ted Hsu, T.H Tung, M.T Liao, dan Wayne Tsiah. Pada saat itu, Jonney Shih seorang petinggi ASUS tidak terlihat terlibat dalam pendirian perusahaan tersebut. 

Awalnya, ke empat orang pendiri ASUS tersebut merupakan teknisinya dan sama-sama bekerja untuk Acer. Hingga akhirnya mereka bermimpi untuk mewujudkan sebuah perusahaan sendiri dan akhirnya Jonney dipilih untuk memimpin mereka.

Jonney yang saat itu masih bergabung dengan Acer meminta persetujuan kepada Stan Shih yang saat itu menjabat sebagai CEO Acer untuk membangun perusahaan baru. Namun, Stan menahan Jonney untuk tetap berada di bawah naungannya lantaran Acer sedang mengalami beberapa kendala finansial. 

Akhirnya Jonney urung bergabung dan tetap mendukung tim teknisi tersebut dengan cara memberikan 60 persen pendanaan untuk usaha startup yang mereka jalani.

Para co-founder ASUS terus bergerak tanpa bimbingan Jonney secara langsung dan akhirnya mereka membuat suatu gebrakan terbaru dalam industri elektronik. Saat ASUS berhasil meluncurkan motherboard 486 Intel. 

Hal tersebut membuat kagum sehingga ASUS mendapatkan kesuksesan awal untuk berbagai CPU yang akan di buat selanjutnya. Motherboard hasil produksi ASUS akhirnya digunakan untuk perangkat-perangkat HP dan Dell.

Pada tahun 1992, kondisi Acer sudah pulih. Namun, sebaliknya pada perusahaan ASUS yang mengalami kendala finansial. Jonney meminta izin kepada Stan untuk pindah dan membantu ASUS. Setelah disetujui, Jonney pun mulai membantu para co-founder ASUS dalam membangkitkan kembali perusahaan kecil mereka.

AsusAsus tahun 89. (Foto:Tagar/Ist)

Kini ASUS menjelma sebagai perusahaan elektronik yang sukses dan mampu bersaing dengan merek-merek lain di kancah Internasional. ASUS telah mempekerjakan lebih dari 13.800 orang. Dan berhasil menjual lebih dari 500 juta unit. Meskipun saat ini sudah di dominasi oleh tablet dan laptop, Jonney percaya masih ada ruang untuk menjual motherboard.

Jonney Shih dianggap sebagai salah satu pebisnis dalam bidang teknologi seluler. Dirinya lahir di Lu-Kang, Taiwan. Lulusan sarjana Teknik Elektro dari Universitas Nasional Taiwan dan Magister Bisnis Universitas Chao-Tung Nasional ini awalnya bergabung dengan Multitech, sebuah perusahaan yang kemudian menjadi Acer, dimana Stan Shih awalnya menjadi mentor. 

Kemudian pada tahun 1989, ia diminta oleh beberapa insinyur untuk bergabung dan membentuk perusahaan lain yang bernama ASUSTek Computer, Inc (ASUS).

Salah satu pendiri berikutnya yang juga sebagai co-founder yakni T.H tung. Pria bernama lengkap Tzu-Hsien Tung ini lahir pada tanggal 25 Juni 1960 di Ruisui, Hualien, Taiwan. Dirinya juga sempat mengenyam pendidikan di Universitas Nasional Taiwan dan Universitas Nasional Dong Hwa. T.H Tung dikenal sebagai seorang pengusaha yang dermawan. 

AsusLogo Asus. (Foto:Tagar/Wikipedia)

Ia juga merupakan salah satu pendiri ASUS dan mantan wakil ketua. Dirinya juga bekerja sebagai ketua Pegatron dan menjabat sebagai ketua Kinsus dan Lumens. Selain itu, Tung juga menjadi pemegang saham mayoritas Toko Buku Eslite.

Dr. Theodore Hsu atau yang dikenal sebagai Ted Hsu merupakan seorang fisikawan dan politisi Kanada dari Provinsi Ontorio. Ted Hsu lahir di Bartlesville, Oklahoma pada tahun 1964. Hsu lahir dari sepasang suami istri James dan Marjorie. Dirinya adalah keturunan Cina dan fasih berbahasa Prancis dan Mandarin. Pada tahun 1980, saat dirinya berusia 16 tahun merupakan lulusan dari Loyalist Collegiate dan Vocational Institute di Kingston. 

Dirinya juga pemain catur berbakat dimasa muda, hingga mencapai kekuatan kelas A. pada tahun 1984, ia lulus dari Universitas Queen dan pada tahun 1989 dirinya lulus dari Universitas Princeton. Kemudian melanjutkan pasca-doktoral di Chalk River, Vancouver, dan Prancis.

Hsu awalnya telah bekerja sebagai peneliti dan pedagang di Paris dan Philadelphia untuk Banque Nationale de Paris sebagai direktur eksekutif di kantor Morgan Stanley, Tokyo. Dirinya juga sebagai direktur eksekutif SWITCH.

(Alvika Septianingrum)

Berita terkait
Harga dan Spesifikasi Ponsel Gaming Asus ROG Phone 3
Asus ROG Phone 3 dipasarkan dengan banderol Rp 10 juta untuk varian penyimpanan 8 GB/128 GB dan Rp 15 juta untuk varian 12 GB/256 GB.
Harga Resmi Asus ZenFone 6 di Indonesia
Asus ZenFone 6 dengan flip kamera menjadikan kamera belakang juga berfungsi sebagai kamera depan sehingga memiliki resolusi sama.
Bocoran Asus ZenFone 7 Tanpa Colokan Audio
Kabar Asus akan membuat ZenFone 7 beredar di Internet. Berdasarkan bocoran gambar, Asus menghilangkan jack audio 3,5mm di Asus ZenFone 7
0
Mendagri Ingatkan 5 prioritas pembangunan 2019-2024 Kepada Bupati dan Wali Kota
Mendagri ingatkan 5 prioritas pembangunan Tahun 2019-2024, kepada pasangan bupati maupun wali Kota hasil Pilkada serentak 2020.